Unduh Aplikasi

Kronologi Penangkapan Tujuh Pelaku Penambangan Emas Ilegal di Sungai Mas

Kronologi Penangkapan Tujuh Pelaku Penambangan Emas Ilegal di Sungai Mas
Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Polres Aceh Barat berhasil mengamankan tujuh orang yang diduga pelaku penambang emas ilegal di Desa Gleng, Kecamatan Sungai Mas, kabupaten setempat. Tujuh tersangka yang diamankan tersebut yakni bernisial A disebut-sebut toke, sedangkan enam diantarannya adalah B, J, JP, SS, A.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Andrianto Argamuda SIK melalui Wakil Kepala Polres, Komisaris Polisi Zainuddin mengatakan penangkapan terjadi para Selasa (23/6) sekitar pukul 17.50 WIB.

"Jadi awalnya anggota kami mendapat informasi dari masyarakat sekira pukul 16.30 WIB. Dan mereka melakukan koordinasi dengan Kasat Reskrim. Dan setelah itu langsung diperintahkan melakukan pengamanan. Dan sampai di lokasi terdapat ketujuhnya sedang beraktivitas," kata Kompol Zainuddin.

Dalam operasi penangkapan ketujuh tersangka dugaan ilegal mining (tambang ilegal) di Desa Gleng itu langsung dipimpin oleh Kanit Opsnal Polres setempat.

Baca: Tujuh Penambang Emas Ilegal Ditangkap di Sungai Mas

Dari tangan tersangka, kata dia, pihaknya berhasil mengamankan satu unit beko, satu botol aqua, satu set asbuk, dan satu unit alat indang.

Akibatnya, kata dia, ketujuh tersangka terancam sepuluh tahun penjara dan denda paling banyak sepuluh miliar rupiah, sesuai Pasal 8 Undang-undang 4 tahun 2009 Pertambangan, Mineral, dan Batubara.

Namun hingga saat ini, kata dia, pihaknya belum tahu apakah lokasi tambang tersebut masuk kawasan lindung atau tidang.

"Untuk ancaman sepuluh tahun penjara. Untuk kawasan kami belum tahu masuk lindung atau tidak. Nanti kami koordinasi dengan BPN dan kehutanan," ungkapnya.

HUT Pijay

Komentar

Loading...