Unduh Aplikasi

Kronologi Pembakaran Bendera Partai Aceh di Pidie

Kronologi Pembakaran Bendera Partai Aceh di Pidie

PIDIE - Aksi pengurusakan atribut Partai lokal besutan mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yakni Partai Aceh (PA) dan Partai Nasional Aceh (PNA) di Kecamatan Kembang tanjong, Pidie, Rabu (2/11) sempat membuat masyarakat setempat.

Baca: BREAKING NEWS: Massa Yang Diduga Pendukung Irwandi Bakar Bendera Partai Aceh

Informasi yang dihimpun AJNN di lokasi, aksi anarkis tersebut terjadi pada Rabu sekira pukul 04.00 WIB dini hari, awalnya sekelompok massa tidak dikenal melakukan pengrusakan bendera Partai Nasional Aceh (PNA) serta mencopot baliho calon gubernur Aceh Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah.

Kemudian sekira Pukul 10.30 WIB, anggota dan simpatisan PNA yang diperkirakan mencapai ratusan melakukan aksi balas demdam karena mereka menduga pelaku pengrusakan bendera PNA baliho kandidat mereka dilakukan kader PA.

Mereka turun ke jalan dengan mencopot bendera PA yang ada di sepanjang jalan Kecamatan Kembang Tanjong, hingga depan kantor Sagoe PA Kecamatan Kembang Tanjong, kemudian membakarnye.

Kapolres Pidie AKBP M. Ali Kahdafi SIK meski sempat terjadi pengrusakan baliho namun tidak terjadi adu jotos diantara dua belah pihak.

"Karena puluhan polisi langsung kita kerahkan ke TKP saat kejadian sehingga aksi massa dapat diredam," katanya.

Dikatakan Kapolres, kini kedua pihak sepakat berdamai setelah bermusyawarah di kantor camat setempat. Mereka berkomitmen untuk tidak mengulangi aksi anarkis dan pengrusakan atribut kadidat lain.

Baca: Kisruh Pembakaran Bendera PA dan PNA di Pidie Berakhir Damai

“Jika memang terjadi pelanggaran langsung melaporkan ke Panwaslih kabupaten Pidie untuk dapat diproses secara hukum dan administrasi, jangan main hakim sendiri,”katanya.

Dalam musyawarah tersebut, perwakilan Partai Aceh dihadiri Ketua PA Sagoe Kembang Tanjong, Said Rezal Falevi beserta Sekretarisnya Isfandiari, sedangkan perwakilan PNA hadir Tamren Ananda, juru bicara PNA pusat yang juga jubir tim pemenangan Irwandi – Nova.

Komentar

Loading...