Unduh Aplikasi

KRI Banda Aceh ikut evakuasi penumpang AirAsia

KRI Banda Aceh ikut evakuasi penumpang AirAsia
Kri Banda Aceh, Foto: Kompas
BANDA ACEH- Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh 593 ikut diterjunkan TNI AL dalam mengevakuasi korban jatuhnya Pesawat AirAsia QZ8501 di perairan Selat Karimata. Senin (30/12).

Seprti dilansir Kompas.com, KRI Banda Aceh 593 menjadi salah salah satu andalan yang direngkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Senin malam.

"Ini jadi kebanggaan kita juga karena produksi negeri sendiri. Walaupun secara kualitas masih kalah (dari produksi luar negeri), tapi sudah cukup lumayan," kata Komandan KRI Banda Aceh 593, Letnan Kolonel Laut (P) Arief Budiman.

KRI ini mampu menampung 5 unit helikopter jenis MI-2 atau Bell 412, 2 unit LCVP, 3 unit meriam Howitzer, dan 20 Tank. Untuk persenjataan perang, kapal ini dilengkapi meriam kaliber 20 mm dan 40 mm

Kapal ini merupakan berjenis Landing Platform Dock, memiliki ukuran panjang 22.004 meter dan lebar 125 meter. dengan berat 7.286 ton. Memiliki kecepatan maksimum 15 knot dan memiliki daya angkut sebanyak 344 personel.

Selain KRI Banda Aceh, KRI Bung Tomo dan tiga KRI lainnya  juga ikut serta dalam mengevakuasi korban.

Seperti dilansir Republika Online, saat ini ada enam penumpang yang terah berhasil dievakuasi, KRI bung Tomo menurunkan dua sekoci karet dengan tim Marinir dan Kopaska.

Hal yang sama juga dilakukan KRI Banda Aceh meski KRI Bung Tomo lebih dulu berada dilokasi evakuasi.
NAZLA/DBS

 

Komentar

Loading...