Unduh Aplikasi

KPU RI Benarkan Ketua KIP Aceh Tengah Telah Diberhentikan Tetap

KPU RI Benarkan Ketua KIP Aceh Tengah Telah Diberhentikan Tetap
Ketua KPU RI, Ilham Saputra. Foto: IST/net.

ACEH TENGAH -  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra membenarkan bahwa Yunadi Harun Rasyid yang sebelumnya menjabat Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah telah diberhentikan secara tetap hari ini, Kamis (1/7/2021) berdasarkan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Ya benar, sudah diberhentikan sesuai dengan putusan DKPP," ujar Ilham Saputra.

Ilham juga membenarkan bahwa putusan DKPP terkait pemberhentian Yunadi sebagai komisioner KIP Aceh Tengah sudah ditindaklanjuti hari ini dan sudah disampaikan kepada pihak-pihak terkait.

Baca: DKPP Berhentikan Ketua KIP Aceh Tengah, Ilham: Putusannya Tetap akan Dieksekusi

AJNN juga sudah berupaya mencoba mengkonfirmasi Plt Ketua KIP Aceh Tengah, Marwansyah. Namun sampai saat ini Marwansyah tidak menjawab panggilan telepon dari AJNN.

Sementara itu Sekretaris KIP Aceh Tengah, Sofyan juga enggan berkomentar lebih jauh saat dikonfirmasi via telepon seluler. Sofyan mengatakan bahwa terkait surat yang disampaikan oleh pihak KPU tersebut lebih baik dikonfirmasi langsung kepada Plt Ketua KIP Aceh Tengah. Namun dirinya mengaku telah menerima surat tindak lanjut pemberhentian Yunadi tersebut.

Sebelumnya Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah memberhentikan secara tetap Yunadi Harun Rasyid dari jabatan Ketua dan juga anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah.  

Putusan pemberhentian tetap kepada Yunadi tersebut dibaca oleh Ketua Majelis, Alfitra Salam dalam sidang terbuka terhadap Perkara Nomor 131-PKE-DKPP/III/2021 dengan teradu Ketua KIP Aceh Tengah Yunadi Harun Rasyid. Rabu (23/6/2021) di Jakarta.

Dalam sidang tersebut Alfitra Salam yang didampingi Ida Budhiati, Teguh Prasetyo dan Didik Supriyanto. mengatakan bahwa teradu Yunadi Harun Rasyid terbukti melakukan pelanggaran kode etik pedoman perilaku penyelenggara Pemilu. 

"DKPP mengabulkan pengaduan pengadu (Anwar) untuk seluruhnya dan menjatuhkan pemberhentian tetap kepada Yunadi Harun Rasyid selaku ketua merangkap anggota KIP Kabupaten Aceh Tengah," ujar Alfitra Salam. 

Dalam putusannya DKPP juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melaksanakan putusan tersebut paling lambat tujuh hari sejak putusan tersebut dibacakan. Dan meminta Badan Pengawasan Pemilu (BAWASLU) untuk mengawal putusan itu.

Komentar

Loading...