Unduh Aplikasi

KPU Minta Hentikan Tahapan Pilkada, Ketua KIP: Saya Belum Bisa Jawab

KPU Minta Hentikan Tahapan Pilkada, Ketua KIP: Saya Belum Bisa Jawab
Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri. Foto: AJNN/Indra Wijaya

BANDA ACEH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia mengeluarkan intruksi Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan KIP kabupaten/kota agar tidak menjalankan tahapan Pilkada 2022. Surat dengan nomor 151/PP.01.2-SD/01/KPU/II/2021 perihal tanggapan rancangan keputusan tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan.

Dalam surat tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan bahwa Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh tidak terdapat pengaturan secara jelas terkait dengan waktu Penyelenggaraan Pemilihan serentak di Aceh hasil pemungutan suara tahun 2Ol7 diselenggarakan pada tahun 2022.

"KIP Aceh dan KIP kabupaten/kota, agar tidak menjalankan tahapan pemilihan apa pun sampai ada Putusan sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2020," kata Plt KPU RI, Ilham Saputra dalam surat yang diterima AJNN, Kamis (11/2/2021).

Ketua KIP Aceh Samsul Bahri ketika dikonfirmasi AJNN mengaku belum bisa menjawab hal tersebut. Sebab, saat ini pihaknya belum menerima surat instruksi dari Plt KPU RI, Ilham Saputra.

Baca: KPU: Pilkada Serentak 2024, KIP Jangan Menjalankan Tahapan Sampai Ada Putusan

"Maaf saya belum bisa jawab karena saya belum melihat suratnya, hanya saya baca di WhatsApp," kata Samsul kepada AJNN saat dihubungi via WhatsApp, Kamis (11/2/2021).

Ia mengatakan, pihaknya pada Senin nanti akan melakukan rapat rutin di kantor KIP Aceh.

"Senin akan kami bicarakan di rapat rutin," ujarnya.

Saat AJNN menanyakan, rapat tersebut apa melibatkan KIP kabupaten/kota, Pemerintah Aceh dan DPRA, ia mengatakan rapat tersebut khusus internal KIP Aceh saja.

"Tidak ini rapat rutin kami setiap Senin di KIP Aceh," pungkasnya.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...