Unduh Aplikasi

KPU Ingatkan KIP Aceh Tak Terlibat Politik Uang

KPU Ingatkan KIP Aceh Tak Terlibat Politik Uang
BANDA ACEH - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Sigit Pamungkas mengingatkan penyelengara pilkada di Aceh khususnya KIP Aceh agar tidak terlibat politik uang dalam menyelenggarakan Pilkada 2017 mendatang.

"Pastikan tidak ada politik uang, karena politik uang itu merusak demokrasi, seharusnya orang itu tidak terpilih, bisa membuat dia terpilih dan jika terpilih karena uang, itu akan merusak amanah yang diberikan rakyat," kata Sigit pada acara launching pilkada serentak di Gedung AAC Dayan Dawod, Darussalam, Banda Aceh, (2/8).

Sigit menjelaskan, jika dalam pilkada serentak nantinya terbukti ada politik uang terstruktur, sistematis akan didiskualifikasi. Ia berpesan kepada KIP Aceh maupun KIP kabupaten kota untuk memastikan kemandirian, independensi, profesionalitas sebagai indentitas penyelenggara.

"Jangan melakukan hal yang tidak boleh dilakukan, jangan menerima hal yang tidak boleh diterima, lakukan pekerjaan kita dengan sebaik-baiknya. Kalau tidak bekerja dengan demikian maka kepercayaan publik terhadap penyelenggara akan menurun," ujarnya.

Menurutnya KPU sudah punya modal dalam pemilukada 2012 lalu, beberapa lembaga survei kepercayaan publik terhadap KPU di atas 70 persen dan berada di urutan empat lembaga negara yang ada di Indonesia.

"Itu modal yang harus dijaga oleh kita semua sehingga dapat mempertahankan angka itu," kata dia.

Komentar

Loading...