Unduh Aplikasi

Dugaan Persekongkolan, Proyek RSU Regional Langsa Tahap Penyelidikan KPPU

Dugaan Persekongkolan, Proyek RSU Regional Langsa Tahap Penyelidikan KPPU
Foto: Net

BANDA ACEH - Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah I mulai melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan adanya persekongkolan pemenangan tender proyek pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) Regional Langsa.

Kepala KPPU Wilayah I Ramli Simanjuntak mengatakan, kasus dugaan persekongkolan pemenangan proyek RSU Regional Langsa tersebut sudah masuk dalam tahapan penyelidikan, apakah benar adanya pemufakatan atau tidak.

"Lagi proses penyelidikan di KPPU, apakah terjadi pelanggaran UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang persekongkolan tender," kata Ramli Simanjuntak saat dikonfirmasi AJNN, Jumat (22/11).

Ramli menyampaikan, dalam proses penyelidikan ini, KPPU sudah memeriksa beberapa pihak terkait, khususnya para peserta dan panitia lelang, serta sejumlah unsur lainnya yang belum bisa disebutkan.

"Sudah (diperiksa), hampir para peserta lelang, panitia, para peserta dulu. Masih proses penyelidikan jadi saya belum bisa ngomong siapa-siapa saja. Yang penting masih dalam proses penyelidikan," ujarnya.

Ramli menuturkan, kasus itu ditelusuri hingga dilakukan penyelidikan karena memang diduga terjadi persekongkolan pengaturan pemenangan tender oleh para peserta.

"Awalnya ada dugaan pengaturan pemenangnya, diatur oleh peserta," pungkas Ramli.

Untuk diketahui, proyek multiyears RSU Regional Langsa senilai Rp 85 miliar itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) di bawah Dinas Kesehatan Aceh. Kemudian, dalam prosesnya, KPPU mencium adanya indikasi praktik persekongkolan pemenangan.

Pembangunan RSU Regional Langsa ini realisasinya selama tiga tahun anggaran, yakni pada 2016 dilaksanakan senilai Rp 19,5 miliar. Setelah itu, pada 2017 dianggarkan sebesar nilai Rp 6 miliar.

Selanjutnya, pada 2018 dengan nilai Rp 60 miliar dengan kode tender 17684106/ Kode RUP 17657721 tanggal pembuatan 03 Agustus 2018/Dinas Kesehatan Aceh/Pemerintah Aceh.

Sehingga, total anggaran pada proyek multiyears RSU Regional Langsa tersebut (2016-2018) berjumlah Rp 85 miliar lebih.

Komentar

Loading...