Unduh Aplikasi

KPK Bangun Kerja Sama dengan Unsyiah

KPK Bangun Kerja Sama dengan Unsyiah
Foto: Net.
BANDA ACEH – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kerja sama dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dalam rangka khusus mengenai kegiatan rekam sidang dan juga mengupdata aplikasi perekaman persidangan (apek) untuk setiap persidangan kasus korupsi di Aceh.

"Kemarin (28/3) kami sudah berjumpa dengan Rektor dan Dekan Fakultas Hukum Unsyiah,” kata Fungsional KPK, Budi Santoso kepada AJNN, usai mengisi materi di Sekolah Antikorupsi Aceh (SAKA) di Keude Kupi Aceh, Senin (28/3) malam.

Budi Santoso menyampaikan, kagiatan ini dilakukan juga dengan payung hukum MoU, kemudian setiap ada kegiatan rekam sidang kasus korupsi akan diberikan surat perintah kerja (SPK) dari KPK sendiri, dan bentuknya akan formal. "Akan kami berikan SPK juga, sehingga kedepan akan kuat secara hukum,” jelasnya.

Kata Budi, perkembangan sejauh ini cukup dilihat sudah signifikan dan mahaiswa juga merasa punya kontribusi dalam upaya pemberantasan korupsi. Bahkan untuk menjadi tim rekam sidang harus mahasiswa melakukan seleksi sangat ketat dengan kriteria yang telah ditentukan.

Selain Unsyiah, lanjut Budi, KPK juga melakukan kegiatan tersebut dengan 34 perguruan tinggi dari 33 provinsi di Indonesia. Dari kegiatan ini diharapkan kedepan hasil rekam sidang tidak semata-mata menjadi arsip yang disimpan tetapi hasil rekam sidang tersebut mampu dimaksimalkan untuk kegiatan mengembangkan pengetahuan mahasiswa khususnya untuk urusan dengan pengadilan.

"Para mahasiswa nantinya juga akan difasilitasi. Jadi mereka harus melakukan kajian baik itu dari tersangka alat bukti sampai proses persidangan dilakukan eksaminasi oleh mahasiswa,” imbuhnya.

Komentar

Loading...