Unduh Aplikasi

TERKAIT NAPI KORUPSI

KPK Apresiasi Pernyataan Presiden Jokowi

KPK Apresiasi Pernyataan Presiden Jokowi
Foto: Net

JAKARTA - Presiden Joko Widodo sudah menyatakan tidak pernah membahas pembebasan napi korupsi dalam rapat di tengah upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Bahkan Jokowi menggarisbawahi, persetujuan pembebasan hanya untuk narapidana dalam kasus pidana umum. Langkah itu serupa dengan yang telah dilakukan oleh negara lain dalam menghadapi wabah virus corona.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi apa yang disampaikan oleh  Presiden Jokowi.

"Kami harap Kementerian Hukum dan HAM memiliki data yang akurat sebelum mengambil kebijakan di tengah Pandemi Covid-19 ini," kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri kepada AJNN, Selasa (6/4).

Baca: KPK: Pembebasan Napi Koruptor Bukan Solusi karena Jumlahnya Hanya 5.000

Sehingga, kata Ali, masyarakat bisa memahami kebijakan tersebut dan memastikan bukan atas dasar agenda lain yang menimbulkan khawatiran di masyarakat serta tentu harus dilaksankan secara adil.

Disamping itu, pembenahan pengelolaan lapas menjadi hal yang penting sebagaimana rekomendasi hasil kajian KPK tahun 2019.

"Karena dengan cara ini kami bisa memastikan tujuan pembinaan di lapas dapat tercapai, termasuk dalam hal terdapat Pandemi Covid 19 ini, sehingga ke depan over kapasitas dapat diminimalisir dan pemetaan napi yang patut dibebaskan atau tidak pun akan lebih terukur.," ujarnya.

Komentar

Loading...