Unduh Aplikasi

KPI Aceh Gelar Pelatihan Pemenangan Caleg Perempuan

KPI Aceh Gelar Pelatihan Pemenangan Caleg Perempuan
Peserta pelatihan pemenangan caleg perempuan. Foto: Ist

BANDA ACEH - Koalisi perempuan Indonesia (KPI) Wilayah Aceh menggelar pelatihan pemenangan caleg perempuan. Kegiatan itu digelar untuk memberikan peningkatan kapasitas dan juga menyusun strategi pemenangan bersama 22 orang caleg perempuan dari berbagai partai.

Pelatihan tersebut berlangsung di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, berlangsung selama tiga hari, sejak 20-22 Oktober 2018.

Ketua Koalisi perempuan Indonesia (KPI) Wilayah Aceh Evani Clara, mengatakan tujuan pelatihan itu agar para caleg perempuan baik di kabupaten/kota, provinsi dan nasional memahami dan mengimplementasikan gagasan perubahan kebijakan Perlindungan Sosial terutama melihat tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Khususnya Aceh, melihat bagaimana pemenuhan hak atas kesehatan bagi perempuan, ditinjau dari program Jaminan kesehatan Aceh yang menyatu dengan Jaminan Kesehatan Nasional,” ujarnya.

Koalisi perempuan Indonesia berharap dengan pelatihan ini para caleg perempuan akan bertambah kapasitasnya, semakin besar loyalitasnya terhadap masyarakat terutama perempuan.

“Kedepan caleg –caleg perempuan juga mampu menyusun strategi bersama sesama caleg perempuan dalam memenangkan caleg perempuan di pemilu 2019,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kata Evani Clara, pihanya juga akan membuat komitmen bersama dengan para caleg perempuan yang mengikuti pelatihan ini agar mendorong lahirnya atau memperbaiki kebijakan serta pelaksanaan program-program perlindungan social, untuk mewujudkan sistem perlindungan social yang inklusif, transformative dan adil gender.

Sementara itu, Anggota Panwasli Provinsi Aceh, Marini, mengungkapkan keterwakilan perempuan di pengurus partai politik dan anggota DPR/DPRD dan DPD yang terpilih, dibutuhkan untuk konsen terhadap isu-isu perempuan.

“Misalnya masalah kematian ibu dan bayi, kb, sembako, human trafiking, kdrt, kesehatan ibu dan bayi, ketahanan pangan, dan isu lainnya,” ujarnya.

Aceh UMKM Expo 2019
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh

Komentar

Loading...