Unduh Aplikasi

KP2T Abdya himbau pemilik boat segera urus izin usaha

KP2T Abdya himbau pemilik boat segera urus izin usaha
Boat yang berlayar , Foto.Rahmat/AJNN
ACEH BARAT DAYA - Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sudah melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap pengusaha boat yang berukuran 10 GT (gross ton) ke bawah beberapa waktu lalu, dari ratusan boat nelayan di Abdya kini diantara mereka sudah ada yang mengurus surat izin berlayar. 

“Sekitar 20 persen pemilik boat ukuran10 GT ke bawah sudah mengurus Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI),” kata KP2T, T.Admizar kepada AJNN, Senin (27/10).

Dia juga menghimbau kepada pemilik boat yang belum memiliki izin, agar segera mengurusnya, sehingga pemilik boat dan nelayan lebih leluasa dalam menjalankan usahanya.

“Kalau tidak ada izin, pemilik boat atau kapal, jika terjaring razia pasti akan ditangkap. Maka dari itu, sebelum terjadi, pengusaha yang menggantungkan hidupnya di laut lepas agar secepatnya menguruskan surat izin tersebut,” ujarnya.

Hal tersebut ditegaskan kepada boat yang berukuran 10 GT ke bawah, sedangkan untuk 10 GT ke atas kata Admizar, itu merupakan wewenang provinsi dan pengurusannya di Banda Aceh.

Menurutnya, razia Polisi Air (Polair) dan dinas terkait diperlukan untuk menertibkan boat-boat yang belum mengurus izin terutama di kawasan perairan Susoh. Namun demikian, kata dia, kesadaran pemiliknya sangat diharapkan sebelum mereka tertangkap di laut oleh pihak berwajib. Diakuinya, sekarang mungkin belum tertangkap, siapa tahu besok akan tertangkap dan apabila tertangkap akan ada sanksi berat.

Dikatakan Admizar, pihaknya juga bersedia menjemput kelengkapan administrasi ke tempat, apabila pemiliknya tidak punya waktu datang ke kantor KP2T.

“Pemerintah telah mengratiskan segala biaya administrasi untuk itu, jadi kami harapkan supaya segera melengkapi berkas pengurusan,” jelasnya.

RAHMAT RT

Komentar

Loading...