Unduh Aplikasi

INTERMESO

Kotor Tak Selamanya Buruk

Kotor Tak Selamanya Buruk
Ilustrasi: ICCO.

TAK banyak yang memilih bertani sebagai profesi. Padahal, pekerjaan ini adalah perintah dari Allah kepada nabi-nabinya. Bahkan Nabi mengajarkan aturan main sewa menyewa tanah untuk lahan pertanian serta pembagian hasil bercocok tanam. 

"Tidaklah seorang Muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya." (HR Imam Muslim) 

Sama seperti profesi lain, atau pekerjaan lain, seharusnya bertani juga dilakukan tidak sekadar berhitung untung rugi. Para petani, yang menjalani profesi ini turun menurun, paham benar tentang hal ini. 

Saat seseorang bercocok tanam, dia tidak hanya sedang menjaga kehidupan manusia. Si petani juga memberikan makanan terhadap hewan liar. Saat seseorang bercocok tanam, dia juga tengah belajar tentang ketabahan. 

Mungkin profesi ini tidak mentereng. Tidak pejabat, politikus atau birokrat. Namun profesi ini memiliki kemuliaan yang mungkin tak pernah dipikirkan oleh generasi milenial saat ini. Saat seseorang bercocok tanam, dia akan selalu memandang ke bawah. 

Menunduk dan memperhatikan apa saja yang sejajar dengan kakinya. Dia menjadi saksi keberadaan tanah, air, lumpur, serangga bahkan jamur yang mungkin tak pernah dipandang ada oleh sebagian orang yang menganggap diri mereka modern. 

Bertani memang bukan pekerjaan mudah. Seorang jenderal polisi memilih bertani setelah menjalani karier gemilang. Di lahannya, dia menanam banyak jenis tumbuhan. Orang mungkin bilang, “dia enak, banyak uang. Bertani hanya sekadar hobi.”

Tapi bagi para petani, dan mungkin jenderal itu, bertani juga untuk menghargai kehidupan. Mungkin hal itu tidak dia dapat saat masih berkarier aktif sebagai anggota kepolisian. Tapi yang jelas, di ujung karier, dia mendapati bahwa yang kotor itu tak selamanya buruk. 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...