Unduh Aplikasi

Korea Selatan Diminta Tak Diamkan Provokasi Talbukja

Korea Selatan Diminta Tak Diamkan Provokasi Talbukja
Teguh Santosa. Foto: Beritasatu

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea, Teguh Santosa meminta Pemerintah Korea Selatan tidak membiarkan provokasi yang dilakukan talbukja yang menetap di negara itu.

“Sebagai penampung pengungsi dari Korea Utara, Korea Selatan memiliki tanggung jawab moral dan politik untuk menghentikan provokasi,” kata Teguh.

albukja adalah istilah untuk warga Korea Utara yang pergi dan menetap di Korea Selatan. Dalam beberapa hari terakhir, kelompok itu memancing ketegangan baru di Semenanjung Korea.

Jika terus dibiarkan, kata Teguh, niat dan itikad Korea Selatan untuk mempertahankan perdamaian patut dan pantas dipertanyakan.

Menurut Teguh, sebagai host country, Korea Selatan terikat pada Draf Artikel Tanggung Jawab Negara untuk Aksi Pelanggaran Internasional atau Draft Articles on Responsibility of States for Internationally Wrongful Acts yang diadopsi Komisi Hukum Internasional PBB atau UN International Law Commission (ILC) tahun 2001.

Pada 2005, Kementerian Unifikasi di Korea Selatan memperkenalkan istilah saeteomin yang secara harafiah berarti orang tanah baru. Belakangan diperkenalkan istilah bukhanitaljumin.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...