Unduh Aplikasi

Korban Banjir Langkahan Mulai Mengungsi

Korban Banjir Langkahan Mulai Mengungsi
Warga melintasi banjir yang menggenangi Gampong Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, Jumat (14/12/2018). Photo: Ist

ACEH UTARA- Dua puluh kepala keluarga (kk) di Gampong Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara mulai mengungsi setelah rumah mereka terenda banjir. Mereka mulai mengungsi kelokasi yang lebih tinggi setelah ketinggian air yang menggenangi pemukiman warga terus meningkat, Jumat (14/12/2018) sore.

"Kondisi saat ini kurang lebih ada 20 kepala keluarga di Leubok Pusaka, Langkahan yang mengungsi karena debit air terus meningkat dan mencapai satu meter," kata Kausar Camat Langkahan kepada AJNN.

Kausar mengatakan gelombang pengungsian terus bertambah seiring semakin tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan tersebut. Selain akibat curah hujan diwilayah tersebut, banjir diperparah air kiriman dari Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah.

"Kita bersama tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah dilokasi untuk membantu warga mengungsi dan melakukan pendataan," ujarnya.

Menurut Kausar meski mulai mengungsi saat ini baru ada satu titik lokasi pengungsian di kecamatan Langkahan yakni di Gampong Leubok Pusaka. Sementara untuk kecamatan dan desa lain belum didirikan tenda pengungsian karena sebahagian warga masih bertahan di rumah mereka karena khawatir pencurian.

"Setelah pendataan kita akan melapor ke Dinas Sosial agar segera dibuat dapur umum dan bantuan secepatnya," pungkas Camat Langkahan tersebut.

Banjir kembali merendam puluhan rumah dan sebuah pasntren di Gampong Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, sejak pukul 08.15 WIB hingga siang tadi. Banjir terjadi akibat luapan sungai karena tak mampu menampung debit air yang tinggi paska diguyur hhujan lebat.

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...