Unduh Aplikasi

Korban Banjir Aceh Barat Mulai Alami Penyakit Kulit

Korban Banjir Aceh Barat Mulai Alami Penyakit Kulit
Anak-anak sedang bermain air di halaman rumah warga Desa Cot Amun, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat. Foto: Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Korban banjir di Kabupaten Aceh Barat mulai terserang penyakit kulit yang menyebabkan gatal-gatal. Penyakit tersebut menyerang anak-anak hingga orang tua.

Salah satu daerah yang terserang penyakit kulit itu di Desa Cot Amun, Kecamatan Samatiga. Penyakit kulit dengan kondisi gatal-gatal yang dialami warga terebut lebih banyak terkena pada bagian kaki dan tangan, seperti yang dialami Muhammad Ramadhan (8).

Orang tua Muhammad, Ilyas (50) mengatakan meski mulai terserang penyakit kulit, hingga kini warga setempat belum ada bantuan obat-obatan maupun tenaga medis yang ditempatkan di Tempat Evakuasi Sementara (TES).

Kondisi warga yang masih dipengungsian sejak tadi malam memang mulai membutuhkan obat-obatan, serta tenaga medis yang dapat membantu mereka dalam penanganan penyakit kulit yang dialami.

“Sekarang kami butuh obat-obatan karena warga kami disini mulai mengalami gatal-gatal dan ada juga yang demam,” kata Ilyas, Kamis(18/10) malam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat, T.R. Ridwan, mengaku pihaknya sudah menurunkan tim ke lokasi setempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Kemarin kami sudah turun juga kelokasi bersama tim kesehatan dari provinsi. Hari ini kami mulai menurunkan obat-obatan untuk para korban banjir,” kata Ridwan.

Selain di Cot Amun, kata Ridwan, pohaknya juga sudah turun ke daerah Desa Pange, yang masih berada di Kecamatan Samatiga untuk menangani gangguan kesehatan warga korban banjir.

"Saya sudah meminta ke pihak Puskesmas di setiap kecamatan untuk turun ke rumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...