Unduh Aplikasi

Kopi rasa anggur, kreasi baru bercita rasa tinggi

ACEH TENGAH - Seorang pedagang kopi tradisional di Kabupaten Tengah, Sabirin RB pada September 2014 yang lalu, berhasil meciptakan rasa kopi natural wine (rasa anggur).

Hingga memasuki Desember sekarang, kini Sabirin telah berhasil memproduksi 700 Kg kopi dengan rasa baru tersebut. Khas dan cita rasa membuat harga per kilo dibrandol mencapai Rp 1,5 Juta.

Kopi hasil racikan dia, awalnya diperkenalkan pada pameran yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Aceh di Banda Aceh pada pertengahan November 2014 lalu.

“Pemesanannya, syukurlah sudah ke laur negeri,” ucap Sabirin.

Dari penemuan awal tersebut, Sabirin mengisahkan, dirinya mengundang beberapa pecandu kopi untuk mencicipi ciptaan rasa kopi baru kreasinya.

“Penikmat bilang, rasa kopi ini seperti minuman beralkohol rasa anggur,” ucap sabirin menirukan orang yang pernah mencicipi kopi racikan dia.

Disebutkan dia, untuk menciptakan rasa kopi unik ini, membutuhkan waktu yang panjang. Harus dengan biji kopi pilihan yang tumbuh di atas ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut (DPL).

Menurut Sabirin, Pohon kopi di dataran tinggi menghasilkan biji kopi dengan kandungan kadar air dan getah yang banyak. Sementara kopi yang tumbuh dibawah ketinggian 1500 Meter DPL, kandungan air dan getah dalam biji kopi itu rendah.

“Kadar air dan getah itulah dasar perbedaan rasanya,” ucap Sabirin.

Selain itu, Sabirin juga menjelaskan proses pengolahannya tergolong sangat lama, mencapai setengah bulan. Sedangkan kopi biasa hanya butuh waktu 3 sampai lima hari saja untuk sampai ke proses penggilingan.

“Banyak prosesnya. Penjemuran dan penyimpanan hingga beberapa kali. Ada lagi saatnya kita harus menjemur pada malam hari dengan mengandalkan embun alami,” demikian Sabirin.

NUSI

Komentar

Loading...