Unduh Aplikasi

Kontribusi PDAM Tirta Daroy untuk PAD Banda Aceh Nihil

Kontribusi PDAM Tirta Daroy untuk PAD Banda Aceh Nihil
Foto: Net

BANDA ACEH - Anggota DPRK Banda Aceh, Zulfikar Abdullah sangat menyayangkan kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Banda Aceh yang tidak kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2020.

"Dalam dokumen Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Banda Aceh yang diserahkan kepada DPRK, perusahaan air minum itu tidak menghasilkan PAD untuk kota Banda Aceh," katanya, Selasa (30/7)

Ia menyebutkan ada 13 SKPD penghasil PAD yang sudah terdaftar yang diserahkan ke pihak DPRK, namun dari daftar itu tidak ada PDAM sebagai penyumbang PAD.

"Seharusnya PDAM bisa memberikan kontribusi PAD bagi Banda Aceh. Apalagi perusahaan air minum tersebut ada pemasukan melalui uang iuran tiap bulan yang dikutip kepada pelanggan," sebutnya. 

Selama ini, kata Zulfikar, perusahaan air minum itu mampu mensupport berbagai kegiatan atau event-event yang dilaksanakan oleh pemerintah dan swasta. Namun sayang, tidak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di kota Banda Aceh.

"Kalau PDAM tidak ada laba dan belum mampu menyumbang PAD, kenapa bisa mensupport berbagai event yang dilaksanakan di Banda Aceh. Sementara, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh mampu menyumbang PAD Rp 500 juta di 2020," jelasnya.

Pihaknya meminta kepada Wali Kota Banda Aceh dan direktur untuk mendorong kinerja PDAM untuk lebih baik lagi dan mampu berperan dan memberikan kontribusi  terhadap pembangunan kota.

"Perlu ada perbaikan manajemen secara serius, masih ada waktu bagi PDAM berbenah diri sebelum pengesahan APBK 2020," ungkap politisi PKS itu.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...