Unduh Aplikasi

Kontes Batu Giok Tingkat Nasional akan Digelar di Aceh Tengah

Kontes Batu Giok Tingkat Nasional akan Digelar di Aceh Tengah
ACEH TENGAH - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah bersama pengrajin dan pencinta batu giok akan menggelar kontes batu tingkat nasional pada 23 sampai 26 Maret 2016 di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon. Kontes batu mulia bertajuk Grand Prix Indonesian Gemstone (IGS) merupkan seri-2 di Aceh Tengah.

“Saat ini persiapannya sudah 90 persen” kata Sekretaris Panitia, Ruhdian Dhasky.

Seksi Penjurian kontes batu mulia, Samsul Bahri, Minggu 20 Maret 2016 mengatakan, ada beberapa kelas yang akan dikonteskan pada kontes batu mulia di Takengon.

Peserta yang sudah mendaftar dari Banda Aceh, Lhokseumawe, Medan, Aceh Utara dan sejumlah kota lainnya di Aceh, Sumatera Utara dan Jawa.

Peserta yang mengikuti kontes ini wajib melakukan uji lab di sekretariat panitia di kawasan Terminal Terpadu Paya Ilang Takengon.

Dipastikan dalam kontes ini akan menampilkan berbagai jenis batu, seperti chalcedony, indocrase Indonesia, bacan, sulaiman, batu gambar cristal, batu gambar badar dan pancawarna serta berbagai jenis batu mulia lainnya.

Kontes ini merupakan rangkaian dari HUT ke-439 Kota Takengon dan berhadiah ratusan juta rupiah dengan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor, termasuk Piala Bupati Aceh Tengah.

Sebelumnya, salah seorang panitia peyelenggara mengatakan kontes ini di gelar dalam upaya untuk mengangkat popularitas batu giok dan batu mulia jenis lainya, yang belakang mulai reduk setelah sebelumnya sempat booming. Aceh Tengah sendiri mempunyai potensi yang besar dan merupakan penghasil batu giok yang di akui dunia.

Komentar

Loading...