Unduh Aplikasi

Konsep Model Kota Madani Dipertanyakan

Konsep Model Kota Madani Dipertanyakan
BANDA ACEH - Konsep model kota madani yang sedang dibangun oleh Pemerintah Kota Banda Aceh menimbulkan banyak pertanyaan bagi masyarakat. Masyarakat belum melihat konsep yang sebenarnya dalam membangun konsep kota madani itu. Pertanyaan itu timbul dalam acara diskusi yang digelar oleh Solution Studies Series Center For Political And Strategic Studies (CPSS) Fisip UIN Ar-Raniry yang mengabil tema kota madani Banda Aceh, apa dan untuk siapa.

Pengurus Katahati Institute, Liza Cici Dayani mempertanyakan, bagaimana sebenarnya konsep model kota madani. Dirinya mengaku belum bisa membaca model kota madani itu seperti apa.

Cici menyampaikan, sulit bisa dikatakan kota madani sedangkan syariat islam tidak berfungsi dengan baik. Dirinya mencontohkan jika pegawai negerinya yang melanggar aturan syariat islam, selama ini hanya diberi pembinaan saja, namun itu berbeda dengan orang lain yang melanggar syariat islam.

"Dibina iya, tapi kalau orang lain habis-habisan di ekspos," sebut Cici singkat saat dalam kegiatan tersebut.

Dari sisi lain, banyak tempat pelanggaran syariat yang digrebek oleh pemerintah kota seperti halnya hotel, tapi dalam hal lain Bergek diberi izin melaksanakan konser, ini sebenarnya bagaimana.

"Saya bingung sebenarnya mau dibawa kemana Banda Aceh ini, kota madaninya belum terjawab,” tanyanya

Selain itu, kata Cici, dirinya juga belum menemukan indikator untuk mencapai kota madani. Seharusnya pemerintah sekarang harus memastikan dulu konsep, sehingga baru kemudian membicarakan cara membangun karakter masyarakat.

Komentar

Loading...