Unduh Aplikasi

Koni Aceh Barat Akui Tidak Bantu Atlet Pencak Silat

Koni Aceh Barat Akui Tidak Bantu Atlet Pencak Silat
Atlet Aceh Barat menunjukkan medali setelah meraih juara umum III. Foto: Ist

ACEH BARAT - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh Barat, Nyak Umar, mengakui tidak memberikan bantuan kepada atlet pencak silat yang mengikuti open turnamen Pemerintah Aceh. Menurut Nyak Umar, tidak adanya bantuan tersebut disebabkan organisasi induk olahraga itu saat ini disebabkan belum tersedianya anggaran.

"Betul. Kita bukan tidak bantu, tapi tidak ada anggaran. Tahun ini saja kita hanya mendapat hibah Rp 200 juta dari pemkab, itu juga untuk operasional," kata Nyak Umar, Rabu (7/4).

Kata Nyak Umar, sebenarnya untuk kegiatan turnamen seperti yang diikuti oleh Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPPSI) memang sepenuhnya tanggung jawab IPPSI, selaku pengcab, sedangkan KONI memiliki kewajiban membantu jika anggaran tersedia.

Kata Nyak Umar, tahun 2019/2020 memang sempat ada hibah Rp 1,5 miliar untuk lembaga itu, namun di tengah jalan anggaran untuk KONI terpangkas, sehinnga membuat KONI pada tahun sebelumnya ikut kekurangan anggaran.

Baca: Atlet Silat Aceh Barat Ikut Kejuaraan Tanpa Bantuan Pemkab dan KONI

"Dan KONI saat itu hanya memperoleh Rp 700 juta, tapi anggarannya itu juga kita kembalikan sebab tidak ada kegiatan dan hanya kita gunakan sedikit untuk operasional. Tahun ini memang tidak ada sama sekali, yang Rp 200 juta itu pun belum cair," ujarnya.

Ia menambahkan yang menjadi beban KONI saat ini, untuk kegiatan prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra PORA) yang akan berlangsung tidak lama lagi, akan tetapi belum ada anggaran.

Padahal, kata dia, pra pora merupakan hal yang mutlak dan wajib difasilitasi oleh KONI untuk pembinaan atlit di semua cabang olahraga (Cabor). Pihaknya, kata dia, sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 400 juta, tapi belum ada kepastian ada atau tidak bantuan hibahnya dari pemerintah kabupaten setempat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Muliadi hingga berita ini diunggah belum menjawab panggilan telepon.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...