Unduh Aplikasi

Konflik Gajah dengan Manusia Kembali Terjadi di Tangse, Pemerintah Terkesan Tutup Mata

Konflik Gajah dengan Manusia Kembali Terjadi di Tangse, Pemerintah Terkesan Tutup Mata
Warga setempat saat berusaha menghalau gajah

PIDIE -Tiga bulan berselang Konflik gajah dengan manusia kembali terjadi di desa Lhok Keutapang Tangse sejak 13 Juni 2018 hingga hari ini. 

Satu ekor gajah jantan yang sudah berpisah dari kawanannya saban malam menuju ke perkampungan Dusun Cot Weng sampai merusak tanaman hingga pondok membuat warga ketakutan.

Menurut kepala Dusun Cot Weng Jafaruddin, satu ekor gajah jantan itu sudah dua minggu berkeliaran di perkampungan dan sudah merusak puluhan pondok kebun, kalau tanaman sudah tidak terhitung jumlahnya.

Selama konflik gajah terjadi masyarakat secara sukarela melakukan penghalauan menggunakan marcon dan dibantu oleh tim mitigasi konflik satwa dari Fauna & Flora International

"Kita setiap malam berjaga di jalur masuk keperkampungan warga untuk menghalau gajah,  dan setelah dihalau belum 30 menit gajah itu kembali lagi,  kita juga telah melapor ke BKSDA hingga hari ini belum ada respon dari mereka" kata Jafaruddin

Warga dusun Cot Weng Desa Lhok Keutapang berharap kepada pemerintah untuk peduli dan menindaklanjuti konflik gajah dengan manusia untuk menghindari kerugian lebih lanjut. 

Komentar

Loading...