Unduh Aplikasi

Kondisi Jembatan Gantung Penghubung Dua Desa di Aceh Jaya Memprihatinkan

Kondisi Jembatan Gantung Penghubung Dua Desa di Aceh Jaya Memprihatinkan
Kondisi jembatan gantung yang menghubungkan desa Tuwi Kayee dengan Desa Panton Kabu. Foto: For AJNN

ACEH JAYA - Warga dua desa dalam Kecamatan Panga, Aceh Jaya, meminta agar jembatan yang menghubungkan kedua desa mereka antara Desa Tuwi Kayee dengan Desa Panton Kabu untuk segera diperbaiki, Sabtu (11/10). Pasalnya, kondisi jembatan tersebut hingga hari ini semakin memprihatinkan dan rentan terhadap keselamatan warga.

Keuchik Gampong Tuwi Kayee, Abdus Salam mengatakan jika jembatan gantung yang menghubungkan desanya dengan Panton Kabu memang sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Pasalnya, jembatan yang sudah berumur hampir 20 tahun itu tak kunjung diperbaiki lagi sejak Aceh dilanda musibah Tsunami tahun 2004 silam.

"Jembatan itu sudah sangat lama dibangun, teringat kami yang ada diperbaiki/rehab hanya pasca tsunami lalu, sementara hingga kini tak kunjung diperbaiki lagi," terang Abdus.

Kondisi jembatan gantung yang menghubungkan desa Tuwi Kayee dengan Desa Panton Kabu. Foto: For AJNN

Walaupun masih ada jembatan lain yang menghubungkan kedua desa mereka, namun jembatan gantung tersebut juga masih sangat diperlukan oleh warga, buktinya hingga hari ini masih banyak warga yang melintasi jembatan tersebut.

"Memang ada jembatan lain yang menghubungkan kedua desa kami, namun warga yang tinggal seputaran jembatan tersebut masih menggunakannya walaupun sudah rusak parah," ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada Pemkab Aceh Jaya untuk dapat memperbaiki secara permanen jembatan gantung tersebut mengingat dengan kondisi yang sudah rusak parah dan ditakutkan akan memakan korban.

"Ya kami menginginkan supaya dibuat secara permanen terus, karena kalau cuma direhab atau diganti lantainya dengan kayu juga tidak akan bertahan lama," pungkasnya.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...