Unduh Aplikasi

Komoditi sawit andalan ekonomi masyarakat Abdya

Komoditi sawit andalan ekonomi masyarakat Abdya
S
ACEH BARAT DAYA – Niat tulus bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Ir Jufri Hasanuddin, MM dalam melaksanakan pembangunan dikabupaten yang ia pimpin sudah sepatutnya mendapat dukungan dari semua pihak. Satu per satu sektor pembangunan yang berbasis ekonomi kerakyatan merupakan program pembangunan di tahun keduanya  memimpin Kabupaten Abdya yang jumlah penduduknya 150 ribu jiwa lebih.

Sejak kepemimpinannya di daerah yang terdapat 150 Gampong serta 9 Kecamatan itu, sepertinya setiap roda pembangunan tidak boleh berhenti. Walau terkadang untuk melaksanakan sebuah pembangunan bukan saja selalu tersandung soal anggaran. Tetapi banyak aspek lain yang juga dapat menjadi penghambat terhadap lajunya pembangunan itu sendiri.

Seperti dikatakan Ir Jufri Hasanuddin belum lama ini, paling tidak untuk mewujudkan sebuah pembangunan perlu dilakukan koordinasi yang baik kepada semua pihak. Tentu, tidak mengabaikan masyarakat yang sudah memberikan kepercayaan untuk memimpin daerah ini. Peran masyarakat, sangat menentukan terhadap sebuah keberhasilan pembangunan yang dilaksanakannya.

Geliat pembangunan infrastruktur, sektor pendidikan, hingga membuka lapangan pekerjaan bagi petani termasuk dalam rancangan strategis pembangunan di Kabupaten Abdya. Sehingga tidaklah mengherankan, jika untuk membangun dikawasan yang selama ini di anggap tertinggal, sejak kepemimpinan Jufri Hasanuddin telah terbangun ratusan rumah untuk kaum dhuafa serta ratusan ribu bibit berbagai komoditi.

Data yang dihimpun Ajnn di Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Aceh Barat Daya menyebutkan, pada tahun 2014 ini Dinas tersebut menyalurkan 103.250 batang bibit komoditi sawit yang sumber anggarannya berasal dari APBA, KPDT dan Otsus. Ribuan petani perkebunan tumpah ruah kelokasi penyerahan perdana dihalaman Akademi Komunitas Negeri (AKN) di Gampong Cot Mane Rabu (24/12).

Acara penyerahan bibit komoditi sawit tersebut dilakukan oleh bupati Ir Jufri Hasanuddin yang diwakili Asisten II Setdakab Abdya, Nafis A Manaf dihadir Dandim 0110 Abdya Letkol INF Suhartono, Kapolres Abdya AKBP Budi Samekto, Sik, Kejari Blangpidie Umar Z, SH, MH. Waka Polres Abdya para kepala dinas badan dan Kantor serta ribuan petani wilayah setempat.

Sebelumnya dinas Perkebunan Abdya yang dipimpin oleh Herman Suryadi itu juga telah menyalurkan bibit karet unggul kepada kelompok tani perkebunan sebagai bentuk pembangunan kebun karet rakyat serta melakukan rehabilitasi tanaman pala sebanyak 79.430 batang. selain dari bibit tersebut ada juga bibit Kopi, Sawo, Cengkeh, Jabon, Jengkol, Nilam serta kakao yang sudah disalurkan kepada petani perkebunan di kabupaten Abdya.

Kepala Dinas kehutanan dan Perkebunan Abdya, Herman Suryadi saat diwawancarai AJNN menyebutkan, untuk saat ini luas lahan perkebunan sawit yang sudah tertanam di kabupaten Abdya sudah mencapai 17.100 hektar. Sedangkan luas lahan sawit yang sudah produksi berjumlah 10.140 hektar, semua lahan sawit tersebut berada di Kecamatan Babahrot dan Kuala batee.

“ Hasil produksi sawit rata-rata 1,5 ton per hektar. Jika secara keseluruhan hasil panen Tandan Buah Segar (TBS) kini sudah mencapai 15, 210 ton per bulan” kata Herman Suryadi

Didampingi Kepala Bidang Produksi Pengembangan dan Perlindungan Tanaman (BPPPT) Azwar, dan Kepala Bidang Peral dan PS Nilul Autar Kadis Herman Suryadi menyebutkan, selama ini petani sawit di Kabupaten Abdya menjual TBS kepada pedangang pengumpul yang selanjutnya dibawa ke keluar Abdya seperti ke Subulussalam dan Kabupaten Nagan Raya.

Lebih lanjut Kadis Dishutbun Abdya menyebutkan, untuk dimasa yang akan datang, perkebunan di kabupaten Abdya terus dibenahi. Menurutnya masih ada lahan sawit yang perlu di rehabilitasi terutama lahan-lah an petani yang rusak akibat diserang hama babi, tikus dan landak.

“Jika ada izin dari bapak bupati, tahun depan kita lakukan lagi pengadaan bibit komoditi ini” kata Herman Suryadi

Sementara itu kepala Bidang BPPPT Dishutbun Abdya Azwar saat dikompirmasi AJNN mengakui Kabupaten Abdya merupakan kawasan terbaik untuk areal perkebunan kelapa sawit. Sehingga dikatakannya Pemerintah Abdya memberikan peluang kepada petani dalam mendapatkan bibit sawit gratis bagi masyarakat yang memiliki lahan yang sudah bersih.

Menurut Azwar, sektor kelapa sawit yang saat ini sedang digalakkannya, tidak saja dapat mengdongrak ekonomi masyarakat petani sawit, akan tetapi lapangan kerja juga terbuka luas untuk masyarakat.

“ Dengan adanya bibit sawit yang diberikan oleh Pemkab Abdya kepada petani secara gratis semoga dapat di andalkan sebagai basis ekonomi rakyat Abdya yang merupakan program bapak bupati Jufri Hasanuddin” Demikian kata Azwar kepala Bidang BPPPT Dishutbun Abdya saat wawancara dengan AJNN belum lama ini.

YAN/MAT

Komentar

Loading...