Unduh Aplikasi

Komisi V DPRA: Pertambangan dan Migas Masuk Raqan Prolega 2021

Komisi V DPRA: Pertambangan dan Migas Masuk Raqan Prolega 2021
Ketua Komisi V DPRA, M.Rizal Falevi Kirani. Foto: IST

BANDA ACEH - Rancangan Qanun (Raqan) Tentang Pertambangan dan Gas Alam Rakyat Aceh masuk dalam Program Legislasi Aceh (Prolega) tahun 2021, Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), M.Rizal Falevi Kirani mengatakan masyarakat yang melakukan pertambangan tradisional mendapat perlindungan dengan hadirnya Raqan tersebut.

"Penambang tradisional di daerah kita harapkan dapat perlindungan dengan hadirnya raqan pertambangan dan migas alam rakyat Aceh," kata Falevi saat ditemui AJNN di Arol Kupi, Lampineung, Banda Aceh, Kamis (31/12/2020).

Misalnya kata Falevi, para penambang migas di Aceh Timur dan Aceh Utara. Pada raqan pertambangan dan migas dapat diatur dengan detail sehingga masyarakat yang melakukan pertambangan migas tersebut dapat terlindungi.

Sebab lanjutnya, kasus tambang migas di Aceh Timur menjadi keresahan bagi penambang tradisional akibat tidak adanya perlindungan hukum terhadap mereka.

"Mulai mereka harus berhadapan dengan polisi, kemudian harga jual yang sangat drastis turunnya," jelasnya.

Ia berharap dengan lahirnya raqan pertambangan dan migas alam rakyat Aceh ini dapat membantu para penambang tradisional dapat terbantu ekonominya.

"Ini merupakan aspirasi dari semua kalangan. Semoga dengan qanun ini masyarakat dapat terlidungi dan tidak perlu berurusan dengan pihak-pihak lain," pungkasnya.

|INDRA WIJAYA

Komentar

Loading...