Unduh Aplikasi

Koalisi Partai Pedukung Pemkab Aceh Singkil Pecah

Koalisi Partai Pedukung Pemkab Aceh Singkil Pecah
Kantor singkil, Foto : Net
ACEH SINGKIL - Kabar mengejutkan datang dari Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten(DPRK) Aceh Singkil, Fraksi Golongan Karya (Golkar) sebagai fraksi pendukung Pemerintah Aceh Singkil pecah. Sebab, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Aceh sudah menyatakan hengkang dari koalisi.

Salah seorang anggota DPRK dari PKB, Frida Siska Sihombing.STP yang konfirmasi AJNN , Senin (26/10) membenarkan kabar jika partainya telah keluar dari Koalisi yang di komandoi Partai Golkar itu.

"Ia benar, PKB keluar dari fraksi Golkar, kami bergabung dengan Fraksi Amanah, tapi resminya kami umumkan nanti ya," kata Siska.

Ditanya perihal alasan yang membuat PKB keluar dari kolisi, Siska mengaku, lantaran partainya sudah tidak satu visi misi lagi dengan Golkar dalam mengambil sebuah kebijakan, sehingga partainya dirugikan secara politik.

"Biasa, kami sudah tidak satu visi misi lagi dengan Golkar, makanya kami keluar," terang Siska.

Sebelumnya, Partai Aceh (PA) sudah terlabih dahulu menyatakan keluar dari koalisi tersebut. Menurut Ketua DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Singkil Yakarim Munir, partainya keluar lantaran selama ini tak pernah dilibatkan dalam menentukan arah pembangunan Bumi Sekata Sepekat, sehingga PA seperti tidak memiliki fungsi dalam koalisi.

"Sebagai koalisi kami tidak pernah diajak duduk membicarakan arah pembangunan," kata Karim.

Bahkan, kata Karim, sebelum partainya memutuskan keluar dari koalisi, tiga bulan lalu telah melayangkan surat untuk mempertanyakan perihal fungsi koalisi. Namun, surat itu tidak pernah ditanggapi, sehingga partainya merasa dirugikan secara politik. PA kemudian memilih bergabung ke Fraksi Amanah.

Selain PA dan PKB, partai lainnya yang dikabarkan akan ikut hengkang adalah Partai Damai Aceh (PDA). Namun kabar tersebut masih belum bisa dipastikan.

Dengan hengkangnya PKB dan PA dari kolaisi, membuat kekuatan politik fraksi Golkar sebagai pendukung pemerintah kini melemah. Fraksi itu, kini hanya membawa gerbong 6 partai dengan 11 kursi atau berkurang 4 kursi.

Sementara kekuatan politik fraksi Amanah bertambah dari 5 kursi menjadi 9 kursi, berkat tambahan dari PA 2 kursi dan PKB 2 kursi.

|EDI

Komentar

Loading...