Unduh Aplikasi

KNPI Aceh Jaya Minta Kasus Juragan Bebas Keluar Masuk Rutan Diungkap Tuntas

KNPI Aceh Jaya Minta Kasus Juragan Bebas Keluar Masuk Rutan Diungkap Tuntas
Samsuardi alias Juragan saat diboyong kembali ke Rutan Calang oleh Kejari Aceh Jaya. Foto: AJNN/Suar

ACEH JAYA - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Aceh Jaya meminta penegak hukum mengusut tuntas terhadap Narapidana (Napi) atas nama Samsuardi alias Juragan yang bebas keluar masuk Rumah Tahanan (Rutan) Calang, Aceh Jaya.

"Kita minta kasus ini harus diusut tuntas oleh penegak hukum, jika tidak ini akan menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum di Aceh Jaya," kata Maimun Panga selaku ketua KNPI Aceh Jaya kepada AJNN, Selasa (20/8).

Baca: Jaksa Cegat Juragan yang Hendak Balik ke Rutan Calang

Selain itu, tambahnya, Kepala Rutan Calang juga harus bertanggungjawab terhadap persoalan ini, karena apapun yang terjadi terhadap warga binaannya, kepala Rutan harus bertanggung jawab jangan terkesan lepas tangan.

"Harusnya beliau (Kepala Rutan) jangan lepas tangan seperti itu, karena dengan sikap beliau seperti itu penjagaan atau pengawalan terhadap warga binaan di rutan terkesan cilet-cilet," ungkap Maimun.

Selain itu, Maimun juga meminta Kanwilkumham Aceh untuk turun lansung ke Rutan Calang dan menindak tegas jika terbukti ada pihak petugas lapas yang lalai dalam bertugas.

"Seyogyanya Kakanwil Kemenkumham Aceh juga melakukan sidak ke Rutan Calang biar kasus seperti ini tidak terulang lagi baik di Rutan Calang maupun di Rutan/LP lainnya di Aceh," ujarnya.

"Kami minta jangan ada perbedaan dalam pembinaan napi di Rutan Calang, apalagi sampai adalagi Napi yang bisa keluar masuk sesuki hati di Rutan Calang," pungkas Maimun.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...