Unduh Aplikasi

Klarifikasi: BKSDA Aceh Sebut Gajah Sumatera Bukan Terjerat di PT Alur Timur

Klarifikasi: BKSDA Aceh Sebut Gajah Sumatera Bukan Terjerat di PT Alur Timur
Foto: Dokumen BKSDA

LHOKSEUMAWE - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengklarifikasikan bahwa Gajah Sumatera (Elephas maximus ssp. Sumatranus) bukan terjerat di areal PT Alur Timur.

“Jadi kami sebelumnya salah penulisan, PT Alur Timur merupakan lokasi ditemukan gajah itu bukan tempat dia (gajah) terjerat,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe BKSDA Aceh, Kamarud Zaman, Minggu (1/3).

Sambungnya, lokasi penanganan medis gajah yang terluka karena jerat dilakukan di areal konsesi PT. Alur Timur, dimana kondisi gajah pada saat ditemukan terluka pada kaki kiri depan bagian atas dengan sisa tali jerat yang masih melingkar dibagian kaki gajah tersebut.

“Informasi Gajah Sumatera (Elephas maximus ssp. Sumatranus) tersebut pertama kali ditemukan oleh tim patroli PT. Alur Timur kepada BKSDA Aceh dan FKL yang kemudian ditindaklanjuti dengan upaya penyelamatan (rescue) yang dilakukan oleh BKSDA Aceh, FKL, dan dukungan staf dari PT. Alur Timur,” ujarnya.

Baca: BKSDA Evakuasi Gajah Sumatera yang Terjerat di Aceh Timur

Pihaknya juga  mengucapkan terima kasih kepada pihak PT. Alur Timur yang terlibat aktif dalam proses penyelamatan Gajah Sumatera (Elephas maximus ssp. Sumatranus) yang terluka tersebut.

Sebelumnya, BKSDA Aceh melakukan evakuasi terhadap seekor gajah sumatera (Elephas maximus ssp. Sumatranus) yang terjerat di areal PT Alur Timur, Desa Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur.

Kegiatan evakuasi itu dilakukan pada Kamis (27/2), dibantu oleh Resor Konservasi Wilayah 12 Langsa, Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi, serta didampingi tim medis BKSDA Aceh dan Forum Konservasi Leuser (FKL).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe BKSDA Aceh, Kamarud Zaman mengatakan, gajah sumatera tersebut berjenis kelamin jantan dan berusia lebih kurang 6 tahun dengan berat badan 1 ton. “

Satwa liar ini terkena jerat di kaki kiri bagian atas. Setelah dilakukan evakuasi oleh petugas segera melakukan pengobatan dan perawatan medis,” katanya, Jumat (28/2).

Komentar

Loading...