Unduh Aplikasi

Klaim Raup18 Ribu Suara, PKS Yakin Dapat Kursi Ketua DPRK Banda Aceh

Klaim Raup18 Ribu Suara, PKS Yakin Dapat Kursi Ketua DPRK Banda Aceh
Konferensi pers DPD PKS terkait perolehan suara untuk DPRK Banda Aceh

BANDA ACEH - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berhasil meraup 18.148 suara untuk calon Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh pada Pemilu 17 April 2019 kemarin.

Dengan perolehan suara tersebut, PKS dipastikan bisa meraih 5 kursi untuk DPRK Banda Aceh 2019-2024. Bahkan diyakini bakal menduduki posisi Ketua DPRK Banda Aceh.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Banda Aceh, Iwan Sulaiman mengatakan, data perolehan suara tersebut diperoleh berdasarkan rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari sebagian kecamatan dan hasil real count internal PKS sendiri, oleh karena mereka dipastikan menduduki posisi pertama suara terbanyak di Banda Aceh.

"Perolehan suara PKS pemilu 2019 berdasarkan data PPK dan real count mencapai 18.148 suara. Angka ini meningkat tajam dari pemilu 2014 lalu," kata Iwan Sulaiman saat menggelar jumpa pers di Banda Aceh, Kamis (25/4).

Iwan menyampaikan, dengan perolehan suara sebesar itu, PKS berhasil mendapatkan lima kursi DPRK Banda Aceh dari empat Dapil berbeda yakni untuk Dapil 1 Kecamatan Baiturrahman-Luengbata sebanyak 4.318 suara, satu kursi itu diduduki Devi Yunita.

Kemudian, untuk Dapil 2 Kecamatan Kuta Alam PKS mendapat total 2.537 suara, posisi tertinggi diraih oleh Farid Nyak Umar. Sedangkan Dapil 3 Kecamatan Syiah Kuala-Ulee Kareng berhasil mengumpulkan suara 3.960 suara, terbanyak diraih oleh Tuanku Muhammad.

"Selanjutnya untuk Dapil 4 Kecamatan Bandaraya-Jaya Baru mendapatkan suara 5.984 dan mendapatkan dua kursi atas nama Tati Meutia Asmara dengan Irwansyah, ST," jelasnya.

Meskipun memiliki suara terbanyak, tetapi PKS tidak berhasil mendapatkan kursi di Dapil 5 Kecamatan Kutaraja-Meuraxa, perolehan suara sebesar 1.349 itu belum menguntungkan PKS, apalagi disana hanya tersedia empat kursi.

Perolehan suara tertinggi dengan lima kursi DPRK Banda Aceh yang bakal diraih, PKS memiliki peluang besar untuk menduduki kursi Ketua DPRK di Ibu Kota Provinsi Aceh ini.

"Kalau belum ada perubahan aturan, insyaallah kita mendapatkan posisi ketua," pungkas Iwan.

Komentar

Loading...