Unduh Aplikasi

Kita Belum Menang Melawan Corona

Kita Belum Menang Melawan Corona
Ilustrasi: dreamstime.

ACEH harus belajar banyak dari kejadian lonjakan angka penderita Covid-19 di India. Apalagi, belakangan, muncul indikasi bahwa angka yang dipaparkan kepada masyarakat terkait jumlah penderita Covid-19 di Aceh.

Saat ini, India mengalami lonjakan kedua. Angka penderita Covid-19 ini mencapai dua besar dunia. India hanya kalah dari Amerika Serikat dan berada setingkat di atas Brazil di nomor tiga. 

Lonjakan ini terjadi setelah Maret lalu Menteri Kesehatan Harsh Vardhan menyatakan India berada di ujung akhir pandemi. Bahkan dalam kesempatan itu, Vardhan memuji kepemimpinan PM Narendra Modi sebagai contoh pada dunia dalam kerja sama internasional.

Pada pertengahan Februari, India menghitung rata-rata 11.000 kasus sehari. Rata-rata kematian harian selama tujuh hari karena penyakit tersebut telah turun hingga di bawah 100.

Kedua, ketika kasus mulai menurun, orang mulai lengah. Mereka mengendorkan protokol kesehatan. Di mana-mana, orang tak bermasker. Aturan dilonggarkan. Para pejabat pemerintah dan partai pun, tak peduli protokol kesehatan.

Jumlah penduduk India, per 21 April 2021 adalah 1.390.864.355 orang. Banyak di antara mereka yang tidak menjalani tes Covid-19. Pada saat gelombang kedua menghantam India, ketersediaan pengujian Covid-19 telah meningkat pesat dibandingkan dengan situasi gelombang pertama. Saat gelombang pertama, orang pada umumnya enggan menjalani tes Covid-19, karena takut bahwa ternyata terpapar virus.

Di mal, pasar, atau tempat-tempat lain, kerumunan tak terhindarkan. Hampir tak ada terlihat upaya masyarakat dan pemerintah menjalani protokol kesehatan yang menjadi salah satu kunci penekanan angka penyebaran Covid-19. 

Pesta-pesta perkawinan, festival kesenian, bahkan kampanye pemilu menghadirkan massa besar. Bahkan pertandingan olah raga dibuat tanpa melihat fakta bahwa saat ini, pandemi belum berakhir. 

Karena itu, pemerintah jangan kendor. Penegakan hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan harus terus dilaksanakan. Jangan sampai, penurunan angka penyebaran dianggap sebagai sebuah keunggulan, karena sebenarnya kita masih jauh dari kata menang melawan Covid-19.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...