Unduh Aplikasi

KIP Tetapkan Pilkada 2022, KPU: Harus Ada Koordinasi Mendagri dan DPR RI

KIP Tetapkan Pilkada 2022, KPU: Harus Ada Koordinasi Mendagri dan DPR RI
Plt Ketua KPU RI, Ilham Saputra. Foto: Net

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sudah menetapkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2022.

Rapat itu digelar bersama dengan KIP kabupaten/kota, Selasa (19/1). Dimana semuanya sepakat agar Pilkada Aceh tetap dilaksanakan pada 2022. Bahkan KIP juga sudah menyusun tahapan pilkada yang dimulai pada April mendatang.

Padahal, hingga kini Pemerintah Pusat belum memutuskan terkait Pilkada Aceh. Menteri Dalam Negeri sendiri sudah mengirimkan surat ke Pemerintah Aceh agar melakukan konsultasi dengan Mendagri, KPU dan DPR RI terkait masalah pilkada.

Dalam surat Mendagri Nomor 270/6321/SJ perihal pelaksanaan Pilkada Aceh, Tito Karnavian menjelaskan untuk memberikan jaminan pelaksanaan pilkada yang aman harus sesuai dengan amanah dari peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca: Tahapan Pilkada Aceh Dimulai April Mendatang

KIP Aceh padahal mengetahui bahwa penetapan Pilkada Aceh harus menunggu koordinasi dengan Mendagri, KPU dan DPR RI. Namun, KIP Aceh tetap bersikukuh tetap melakukan penetapan Pilkada Aceh 2022.

Plt Ketua KPU RI, Ilham Saputra angkat bicara terkait sikap KIP Aceh yang tetap melakukan penetapan Pilkada 2022. Padahal mengacu kepada surat Mendagri, harus ada koordinasi antara Mendagri, KPU dan DPR

"Berdasarkan hasil konsultasi KIP Aceh kepada KPU RI untuk menunggu koordinasi ketiga pihak," kata Ilham Saputra, kepada AJNN, Rabu (20/1).

Untuk itu, ia meminta meminta kepada KIP Aceh untuk melaporkan soal penetapan tahapan pilkada tersebut.

"Di Undang-undang nomor 6 tahun 2020 juga disebutkan pelaksanaan Pilkada dilaksanakan harus berdasarkan koordinasi pemerintah, DPR RI dan KPU," tegas Ilham Saputra.

HUT Pijay

Komentar

Loading...