Unduh Aplikasi

KIP: Bisa Jadi Pilkada Aceh 2024

KIP: Bisa Jadi Pilkada Aceh 2024
Foto: Net

BANDA ACEH - Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Samsul Bahri menyebutkan kemungkinan Pilkada Aceh akan digelar pada 2024, jika tidak menemukan titik temu.

"Kalau koordinasi antara Pemerintah Aceh dan DPR Aceh tidak menemui titik temu dengan Kemendagri, kemungkinan besar Pilkada kita tahun 2024," kata Samsul saat dihubungi AJNN, Rabu (9/12/2020).

Sebab, kata Samsul, dalam Undang-undang No 10 Tahun 2016 juga disebutkan bahwa Pilkada serentak direncanakan setelah 2024. Meski begitu, dalam undang-undang itu juga disebutkan bahwa UU itu berlaku diseluruh Indonesia, terkecuali ada diatur khusus dengan UU Lain.

"Aceh diatur dalam UUPA Nomor 11 tahun 2006. Kita punya undang-undang yang mengatur, kita punya qanun, seharusnya pemerintah berani melaksanakan Pilkada tahun 2022," jelasnya.

Baca: KIP Aceh akan Bertemu KPU Pusat Bahas Tahapan Pilkada

Ia mengatakan, Pemerintah Aceh dan DPR Aceh juga punya kewajiban untuk segera berkoordinasi dengan Kemendagri.

"Tapi kami juga tidak menyalahkan. Sebab KIP Aceh juga punya kewajiban untuk berkoordinasi dengan KPU RI," ungkapnya.

Sebenarnya, kata Samsul, pemerintah Aceh sudah cukup kuat untuk melaksanakan Pilkada 2022. Karena negara sudah mengakui setiap hak-hak daerah yang memiliki kekhususan seperti, Aceh, Papua, Papua Barat, Yogyakarta dan DKI Jakarta.

"Jadi kenapa kita masih ragu. KIP tidak ragu untuk melaksanakan. Tapi kalau tidak ada anggaran, bagaimana kami laksana," tegasnya.

|INDRA WIJAYA

Komentar

Loading...