Unduh Aplikasi

KIP Banda Aceh Tetapkan 152.080 DPS

KIP Banda Aceh Tetapkan 152.080 DPS

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh telah menetapkan 152.080 Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Banda Aceh untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 mendatang.

Jumlah 152.080 DPS itu terhitung dari 75.256 jiwa pemilih laki-laki dan ditambah 76.824 perempuan, dengan sebaran 415 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 90 gampong di Banda Aceh. Penetapan DPS tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan tim sukses dari masing-masing pasangan calon, yang dilaksanakan di Hotel Sultan Banda Aceh, Selasa (1/11).

"Jumlah ini berdasarkan dari hasil proses pemuthakiran data pemilih sementara yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP)," kata Ketua KIP Banda Aceh, Munawar Syah saat memimpin rapat pleno itu.

Munawar Syah menerangkan, DPS tersebut hanya bersifat sementara, nantinya masyarakat masih diperbolehkan bertanya kepada pihak Panitia Pemungutan Suara (PPS) terkait DPS yang akan ditempel diseluruh gampong kedepannya.

"Masyarakat dibolehkan bertanya kepada PPS terkait DPS yang ditempel nantinya," jelasnya.

Selain itu, KIP juga menetapkan daftar pemilih potensial yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Dalam pleno tersebut, terdapat 14.881 laki-laki dan 13.913 perempuan di Banda Aceh belum mempunyai E-KTP.

"Pemilih potensial non KTP elektronik di Banda Aceh saat ini mencapai 28.794 jiwa," pungkas Munawar Syah.

Komentar

Loading...