Unduh Aplikasi

KIP Aceh Segera Laporkan Tahapan Pilkada ke KPU RI

KIP Aceh Segera Laporkan Tahapan Pilkada ke KPU RI
Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri. Foto: AJNN/Indra Wijaya

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akan segera melaporkan hasil pleno tahapan pilkada ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Semalam Plt Ketua KPU RI sudah mengirim pesan WhatsApp ke saya agar segera melaporkan hasil pleno tahapan pilkada," kata Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri di Ruang Komisi I DPRA, Rabu (20/1/2021).

Ia mengatakan, pihaknya sedang mengkaji serta membuat surat, dan dalam waktu dekat KIP Aceh akan segera melaporkan ke KPU RI.

"Ia karena itu kewajiban kami. Karena pimpinan kami disana," ucapnya.

Terkait setuju atau tidaknya KPU RI dengan tahapan pilkada yang sudah ditetapkan oleh KIP Aceh, ia mengatakan bahwa pihaknya belum mengatuhi hal tersebut.

"Karena tugas kita berkoordinasi. Bukan meminta persetujuan," ujarnya.

Sebab kata dia, sesuai dengan perintah Undang-undang Nomor 11 tahun 2006, bahwa KIP Aceh harus berkoordinasi dengan KPU RI.

"Karena kalau tanpa koordinasi kita nggak bisa melakukan hal-hal yang mustahil dilakukan," ungkapnya.

Ia mengatakan, pada 21 Desember 2020 KIP Aceh sudah melakukan pertemuan dengan KPU RI. Namun pada koordinasi itu, masih belum ada titik temu terkait pilkada Aceh. Dan KPU RI meminta KIP Aceh agar bersabar.

"Kami tidak bisa bersabar lama-lama, karena perintah undang-undang," tegasnya.

Karena kata Samsul, sesuai dengan perintah UU No 11 tahun 2006, bahwa setelah KIP Aceh  menerima AMD Gubernur dari DPRA, pihaknya harus segera menetapkan tahapan pilkada.

"Ini yang membuat kami harus mengambil sikap. Dan dibeberapa UU juga tidak ada yang melarang," pungkasnya.

Komentar

Loading...