Unduh Aplikasi

KIP Aceh Mulai Buka Pendaftaran Parlok Calon Peserta Pemilu 2019

KIP Aceh Mulai Buka Pendaftaran Parlok Calon Peserta Pemilu 2019
KIP Aceh mulai membuka pendaftaran bagi calon partai lokal peserta pemilu 2019.

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mulai membuka pendaftaran bagi partai politik lokal (Parlok) calon peserta pemilu 2019.

Komisioner KIP Aceh Junaidi menyebutkan pendaftaran calon peserta pemilu untuk partai lokal mulai 3 Oktober hingga tanggal 16 Oktober 2017.

"Mulai hari ini kita buka pendaftaran bagi parpol lokal yang ingin jadi peserta pemilu mendatang," katanya, Selasa (3/10).

Dikatakannya, saat ini baru satu partai politik yang sudah mendaftar ke KIP Aceh yakni Partai Islam Aceh (PIA). Berkas persyaratan langsung di bawa oleh Sekjen PIA, Tarmili Rajali ke pihak panitia pendaftaran.

"Hingga tadi pukul 12.00 WIB, baru satu partai yang mendaftarkan ke kita (KIP). Pendaftaran dibuka mulai pukul 08 hingga pukul 16.00 WIB, untuk hari terakhir pendaftaran ditutup hingga pukul 24.00 WIB," ujarnya.

Junaidi juga menambahkan, ada 24 dokumen persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon partai peserta pemilu 2019. Jika masih ada yang belum lengkap maka KIP Aceh memberikan batas waktu hingga akhir batas pendaftaran.

"Saat kita lakukan cek berkas, PIA belum melengkapi sejumlah persyaratan pendaftaran sesuai yang ditentukan, maka kita beri kesempatan kepada partai tersebut untuk melengkapi hingga batas akhir pendaftaran nantinya," ujarnya.

Ia juga menyebutkan setelah dilakukannya pendaftaran, KIP Aceh akan melakukan verifikasi administrasi, Partai yang sudah mendaftar bisa melakukan perbaikan dan diberi waktu untuk memberbaiki persyaratan.

"Apabila masa perbaikan itu tidak disempurnakan oleh partai tersebut, maka dengan sendirinya partai yang bersangkutan dinyatakan gugur sebagai calon peserta pemilu 2019 mendatang," ungkap Junaidi.

 

Komentar

Loading...