Unduh Aplikasi

KIP Aceh Jaya: Keputusan Penundaan Pilkada Sudah Tepat

KIP Aceh Jaya: Keputusan Penundaan Pilkada Sudah Tepat
Ketua KIP Aceh Jaya, Izwar. Foto: Ist

ACEH JAYA - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Jaya menilai keputusan penundaan tahapan Pilkada 2022 oleh KIP Provinsi Aceh sudah tepat dan benar.

"Penundaan tahapan Pilkada oleh KIP Aceh selaku penyelenggara sudah tepat dan benar," kata Ketua KIP Aceh Jaya, Izwar kepada AJNN, Senin (5/4).

Pasalnya, pertimbangan atas dasar-dasar tidak dapat dilaksanakan pilkada antara lain faktor keamanan, bencana alam dan karena ketiadaan anggaran. Apalagi Pemerintah Aceh telah menyurati KIP Aceh mengenai penandatanganan NPHA yang masih menunggu kebijakan pusat.

Baca: Tidak Ada Anggaran, KIP Aceh Tunda Tahapan Pilkada 2022

"Untuk dasar penundaannya sudah tepat, karena pilkada bisa tidak dilaksanakan atas dasar keamanan, bencana alam dan karena ketiadaan anggaran," terang Izwar.

Sementara itu, KIP Aceh Jaya Khususnya, telah melaksanakan tanggung jawab sebagai salah satu penyelenggara Pilkada agar sesuai dengan UUPA, dengan mengadvokasi dan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak terkait tahapan yang sebelumnya sudah ditetapkan oleh KIP Aceh termasuk Pemerintah daerah di Aceh Jaya.

"Selama ini kita sudah melaksanakan tanggung jawab sebagai salah satu penyelenggara Pilkada agar sesuai dengan UUPA. Kita juga berterimakasih kepada Pemkab dan DPRK Aceh Jaya yang sudah menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan pilkada sesuai dengan UUPA," ucapnya.

Namun pihaknya juga menyadari, dalam pelaksanaan pilkada terlibat berbagai unsur dan institusi termasuk Pemerintah Pusat.

"Intinya KIP Aceh dan KIP Aceh Jaya khasnya selaku penyelenggara telah melaksanakan tanggung jawabnya, selanjutnya menjadi ranah Gubernur, DPRA dan elit politik Aceh lainnya dalam menjalin komunikasi politik dengan Pemerintah Pusat," pungkas Izwar.

Komentar

Loading...