Unduh Aplikasi

KIP Aceh Diminta Selesaikan Kisruh KIP Aceh Timur

KIP Aceh Diminta Selesaikan Kisruh KIP Aceh Timur
LANGSA - Salah seorang tokoh masyarakat Aceh Timur, Syahrul Abubakar, SE meminta kisruh yang terjadi di Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur harus segera diselesaikan.

"Kami meminta KIP Aceh dan pimpinan DPRK Aceh Timur segera duduk bersama untuk menyelesaikan kisruh KIP Aceh Timur. Dan jangan lagi dibiarkan berlarut-larut mengingat pilkada sudah semakin dekat,”kata Syahrul dalam rilis yang diterima AJNN, Jumat (4/3).

Seperti diketahui, kata dia, Mahkamah Agung (MA) dalam putusannya Nomor 46k/TUN/2015 tertanggal 6 Juli 2015, menolak permohonan kasasi Ketua KPU dan memenangkan penggugat Iskandar Gani SH dan kawan-kawan atau dikenal sebagai KIP jilid I.

Sementara itu, DPRK Aceh Timur memilih berpegangan pada UUPA, dengan demikian DPRK akan tetap mempertahankan anggota KIP Aceh Timur jilid 2 yang direkrut oleh DPRK melalui panja, bukan melalui Komisi A.

Terkait dengan hal tersebut, Syahrul menilai, baik KIP jilid I maupun KIP jilid II sama-sama punya kelemahannya, dan jika salah satu yang dipilih sangat berpotensi menjadi konflik yang berkepanjangan.

Untuk penyelesaian yang adil, Syahrul menawarkan solusi dengan mengangkat KIP jilid III yang diambil dari hasil seleksi pada masa lalu berjumlah 15 orang.

Kelemahan KIP jilid I, kata dia, keberadaan anggotanya sudah pernah ditolak dalam paripurna DPRK dan tidak pernah diusulkan ke KPU sesuai dengan qanun nomor 7. Sementara, KIP jilid II direkrut oleh DPRK Aceh Timur melalui panja, ini juga bertentangan dengan qanun, maka keberadaan mereka sudah dibatalkan oleh putusan MA.

"Untuk menjaga netralitas, perlu diambil opsi lain dengan membentuk KIP jilid III, yang anggotanya diambil dari hasil seleksi lalu yang masih tersisa enam orang yang tidak masuk ke dalam KIP jilid I dan KIP jilid II," harapnya.

Komentar

Loading...