Unduh Aplikasi

KIP Aceh Didesak Cabut SK Pilkada 2022

KIP Aceh Didesak Cabut SK Pilkada 2022
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH JAYA - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aceh Jaya Institute mendesak Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk mencabut Surat Keputusan bernomor 1/PP.01.2-KPT/II/Prov/I/2021 Tentang Tahapan dan Jadwal Pilkada Aceh. 

Pasalnya, hingga hari ini Pemerintah Pusat belum menyutujui Pilkada Aceh dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang.

"Kita mendesak KIP Aceh untuk mencabut Surat Keputusan (SK) itu karena bakal merugikan banyak pihak, kita khawatirnya disitu," kata Direktur Eksekutif Aceh Jaya Institute, Mainmun Panga kepada AJNN, Sabtu (30/1). 

Dijelaskannya, keputusan itu tentu saja bakal dijadikan pedoman oleh para pihak yang berencana berpartisipasi aktif di pilkada Aceh mendatang, padahal Pilkada Aceh belum final pada 2022. 

"Pusat belum menyetujui Pilkada Aceh dilaksanakan pada tahun 2022, bila KIP Aceh terlalu maju, ini patut disinyalir KIP Aceh terjebak mainan politik, padahal KIP harus tegak lurus pada azas Independen," Ujar Maimun yang juga mantan ketua KNPI Aceh Jaya.

Mestinya, sambung Maimun, KIP Aceh itu harus bebas dari jebakan - jebakan politik dan sebisa mungkin meminimalisir konflik regulasi di Aceh serta konflik kepentingan di Aceh. 

"Sebagai lembaga penyelenggara, KIP Aceh tidak boleh terjebak dan harus mampu memastikan tidak ada kepentingan pihak lain yang memboncengi, KIP harus tetap menjaga netralitas lembaga dengan cara berkoordinasi dengan KPU RI dan Pemerintah Pusat," ujar Maimun Panga.

HUT Pijay

Komentar

Loading...