Unduh Aplikasi

KIP Aceh Bakal Audit Laporan Sumbangan Dana Kampanye yang Nihil

KIP Aceh Bakal Audit Laporan Sumbangan Dana Kampanye yang Nihil
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bakal mengaudit sumbangan dana kampanye yang sudah dilaporkan, baik itu partai maupun dari calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Terutama yang melaporkan nihil atau Rp 0.

Ketua KIP Aceh Samsul Bahri mengatakan laporan sumbangan dana kampanye dari partai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang sudah diterima pihaknya memang tidak ada yang nihil, semua memiliki bantuan.

Namun, khusus untuk calon anggota DPD RI banyak yang melaporkan nihil sumbangan dana kampanye, karena itu perlu dilakukan audit mengingat spanduk mereka sudah banyak yang beredar.

"Yang jelas semua partai sudah melapor, partai walaupun sedikit tetap ada. DPD ini yang banyak nihilnya," kata Samsul Bahri dalam jumpa pers yang digelar di kantor KIP Aceh, Senin (14/1).

Samsul juga mempertanyakan, bagaimana bisa laporan yang disampaikan itu nihil, sedangkan spanduk mereka (Calon anggota DPD) sudah beredar dimana-mana. Dari mana uang tersebut.

"Nihil, tapi spanduknya sudah beredar dimana-mana, dari mana uangnya itu," tanya Samsul.

Kedepannya, kata Samsul, akan ada tim audit dari KIP Aceh yang bakal melakukan pemeriksaan terkait dana kampanye tersebut.

"Nanti kami akan diaudit oleh tim sekitar bulan Maret, sekarang belum dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Berdasarkan penelusuran AJNN ke website resmi KIP Aceh, sumbangan dana kampanye partai peserta Pemilu 2019 yang sudah dilaporkan, Partai Demokrat mencapai angka paling tinggi yakni Rp 4,428 miliar lebih, sementara yang terkecil adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) hanya berjumlah Rp 3 juta.

Kemudian, untuk anggota DPD RI, dari total 26 calon, hanya 14 orang yang melaporkan mendapatkan bantuan dana kampanye, sementara 12 calon lainnya nihil, termasuk mantan Gubernur Aceh Abdullah Puteh.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...