Unduh Aplikasi

KIP Abdya Belum Terima SK Pemberhentian M Jakfar

KIP Abdya Belum Terima SK Pemberhentian M Jakfar
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT DAYA - Meski Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan (DKPP) Republik Indonesia (RI) telah memvonis Muhammad Jakfar terbukti menjadi pengurus partai politik dan belum memenuhi syarat sebagai anggota Komisi Independen Pemilihan Aceh Barat Daya(Abdya), namun hingga kini Surat Keputusan (SK) pemberhentian belum diterima oleh KIP setempat.

“Sampai saat ini KIP Abdya belum menerima SK pemberhentian M.Jakfar dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat,” kata Sekretaris KIP Abdya, Hermi Suherdi yang dihubungi AJNN Senin malam (31/10) di Blangpidie.

Menurutnya, surat keputusan pemberhentian komisoner oleh Komisi Pemilihan Umum, selain diserahkan kepada pihak yang bersangkutan juga kepada KIP provinsi dan KIP tingkat kabupaten.

”Jika SK pemberhentian sudah kami terima, maka KIP akan langsung menyurati DPRK Abdya untuk dilakukan proses PAW komisioner,” ujar Hermi.

Karena tambahnya, kebijakan mengangkat dan memberhentikan komisioner KIP merupakan kewenangan KPU pusat.

“Saya tidak tahu kenapa SK pemberhentian belum turun ke kami, dan belum jelas kapan akan kami terima,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Komisi A DPRK Abdya, Iskandar, pihaknya belum bisa melakukan proses PAW sebelum menerima surat resmi dari KPU pusat.

“Untuk proses PAW belum bisa kami lakukan karena belum menerima SK KPU Pusat,” jelasnya.

Namun, kata Iskandar, jika proses PAW itu dilaksanakan pihaknya tetap akan berpedoman pada aturan yang berlaku sehingga tidak terulang kesalahan yang sama.

Seperti diberitakan sebelumnya, Muhammad Jakfar yang merupakan komisioner KIP Abdya diberhentikan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam sidang yang dipimpin langsung oleh Ketua DKPP RI, Jimly Asshiddiqie didampingi semua anggota pada Selasa (25/10) lalu.

 

Komentar

Loading...