Unduh Aplikasi

Ketua Panwaslih Aceh Minta Paslon Bupati Abdya Tahan Diri

Ketua Panwaslih Aceh Minta Paslon Bupati Abdya Tahan Diri

ACEH BARAT DAYA - Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh meminta para pasangan calon bupati dan wakil bupati Aceh Barat Daya (Abdya) menahan diri agar tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan pilkada.

“Kita berharap agar para calon bupati di Abdya untuk bisa menahan diri agar tidak melakukan tindakan di luar aturan pilkada,” kata Ketua Panwaslih Aceh, Samsul Bahri dalam acara sosialisasi Pengawasan Pilkada serentak tahun 2017 yang diselengarakan Panwas setempat Kamis (3/11) di Blangpidie.

Menurutnya, imbau tersebut perlu disampaikan agar tidak terulang kembali tindakan yang terjadi baru-baru ini di Pidie.

“Hal ini perlu saya sampaikan agar kejadian-kejadian seperti perusakan atribut calon satu dengan lainnya tidak terluang disini seperti yang terjadi kemarin,” tutur Samsul Bahari.

Pelanggaran yang dimaksud tambah Samsul diantaranya, membuat alat peraga kampanye yang berlebihan sepeti percetakan baliho dengan ukuran maupun dari jumlahnya yang terlalu banyak serta tempat pemasangan yang tidak sesuai.

“Sebenarya, tidak perlu harus mecetak baliho terlalu banyak, dengan ukuran besar dan dipasang sesuka hati, karena semua sudah diatur oleh penyelengara, Ukurannya sudah ditentukan, jumlahnya juga ditetukan bahkan hingga titik pemasangannya juga sudah diatur mana daerah yang dibolehkan mana yang tidak boleh,” tegasnya.

Disamping itu kata Samsul, Panwas saat ini punya kebijakan untuk mendiskualifikasikan pasangan yang terbukti melakukan pelangaran pemilu, seperti politik uang dan lain -lain sebagaimana yang diatur dalam aturan.

“Yang paling penting, Panwas benar-benar harus bekerja secara netral, sebab keberhasilan Panwas tidak diukur oleh berapa jumlah masalah yang bisa diselesaikan tetapi sebaliknya,”pintanya.

Komentar

Loading...