Unduh Aplikasi

Ketua KIP Aceh: Saat ini Belum Ada Calon di Pilkada 2017

Ketua KIP Aceh: Saat ini Belum Ada Calon di Pilkada 2017
Gubernur Aceh Zaini Abdullah di sela-sela penandatanganan paket APBA 2016. Foto: Dok Humas Pemerintah Aceh
BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh belum menetapkan calon dan bakal calon kepala daerah baik gubernur, bupati dan walikota. Para petarung di Pemilihan Kepala Daerah 2017 ditetapkan pada Agustus mendatang.

“Yang disebut calon dan bakal calon, menurut Undang-Undang Pilkada adalah seseorang yang didukung oleh partai politik yang memenuhi syarat atau bagi calon perseorangan telah didukung masyarakat yang memenuhi syarat yang diserahkan kepada KIP,” Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi kepada AJNN di Banda Aceh, Kamis (28/4).

Ridwan mengatakan sejauh ini belum ada satu calon pun yang mendaftar ke KIP. Saat calon perseorangan mendaftarkan diri, itu baru bisa dikatakan bakal calon. Sedangkan dari partai politik, jika pasangan mendeklarasikan diri dengan didukung oleh partai politik sesuai ketentuan dan syarat mengusung calon.

“Belum ada calon dan bakal calon. Ini dipastikan saat mereka menyerahkan berkas pendaftaran ke KIP,” ujar Ridwan.

Ridwan juga tak bisa memastikan pertemuan yang dilakukan Keuchik se-Barat Selatan dengan Zaini Abdullah, Gubernur Aceh, itu melanggar aturan pilkada. Sejauh ini, belum ada calon resmi yang dapat dikenai sanksi.

Komentar

Loading...