Unduh Aplikasi

Ketua Fraksi PA Imbau Rakyat Aceh Berdoa di Milad GAM ke 43

Ketua Fraksi PA Imbau Rakyat Aceh Berdoa di Milad GAM ke 43
Ketua Fraksi PA, Tarmizi Panyang (kanan) saat bersama Almarhum Wali Nanggroe Hasan Tiro (tengah). Foto: Ist

BANDA ACEH - 4 Desember merupakan hari kelahiran Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Di hari perayaan Milad yang ke 43 tahun ini, rakyat Aceh diminta untuk bersama-sama mendoakan para pejuang GAM yang telah berjasa.

Ketua Fraksi Partai Aceh di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Tarmizi Panyang mengimbau agar seluruh masyarakat Aceh untuk ikut merayakan hari kelahiran GAM ke 43 ini dengan memanjatkan doa kepada para pejuang Aceh terdahulu.

"Kita mengimbau rakyat Aceh merayakan Milad GAM. Menggelar doa bersama kepada syuhada yang telah meninggal dunia dalam perjuangan," kata Tarmizi Panyang kepada AJNN, Selasa (3/12).

Dalam kesempatan ini, Tarmizi menegaskan bahwa perayaan Milad GAM ini bukan milik PA atau Komite Peralihan Aceh (KPA) semata, melainkan kewajiban seluruh masyarakat Aceh.

"Jangan terkesan Milad GAM hanya milik anggota GAM yang pernah berjuang saja, atau PA dan KPA. Tapi milik seluruh rakyat Aceh, biar ada rasa memiliki," ucapnya.

Mantan Panglima Sagoe Tgk Di Lhokdrien, Kecamatan Sawang, daerah 1 wilayah Samudera Pase ini juga menyampaikan, bagi keluarga besar GAM memang sudah harus menjadi suatu kewajiban untuk memperingatinya, perayaan ini juga bagian dari kemuliaan orang Aceh.

"Secara keluarga besar GAM wajib memperingati milad, ini juga kemuliaan bagi orang Aceh," imbuh Tarmizi.

Tarmizi menuturkan, sebenarnya memang sudah menjadi hak bagi seluruh rakyat Aceh memperingati milad ini. Meskipun perjuangan belum tercapai sepenuhnya. Seperti persoalan bendera dan lambang Aceh.

"Terkait bendera, secara qanun sudah sah, meskipun memang saat ini belum mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Pusat," tuturnya.

Tarmizi juga mengharapkan kepada pihak keamanan, jika dalam peringatan milad GAM ke 43 ini ada yang menaikkan bendera ditempat perayaan tertentu, diminta untuk menegurnya secara baik-baik.

"Bila ada di suatu titik ada pengibaran bendera dalam perayaan ini. Jangan ada insiden, tetapi bisa ditegur secara baik-baik," harap Tarmizi.

Selain itu, Tarmizi juga meminta kepada para unsur Muspika yang ada di daerah, jika menerima undangan perayaan Milad GAM, diharapkan dapat menghadirinya. Bersama-sama menghayati, mendoakan dan merenungkannya.

"Jika ada undangan perayaan milad. Muspika juga ikut mengindahkannya dan jangan mengabaikan," tutup Tarmizi.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...