Kesbangpol Aceh Selatan Lakukan Sosialisasi Partisipasi Politik kepada Pemilih Pemula

Kesbangpol Aceh Selatan Lakukan Sosialisasi Partisipasi Politik kepada Pemilih Pemula
Foto: IST.

ACEH SELATAN - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten Aceh Selatan melaksanakan kegiatan sosialisasi partisipasi politik kepada pemilih pemula dalam rangka menghadapi pemilu dan pemilukada serentak pada tahun 2024. 

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu dari tanggal 12 - 13 Juli 2021 di dua lokasi yakni Labuhan Haji Raya dan Kluet Raya.

Kepala badan kesbangpol Aceh Selatan, Kamasyah yang diwakili oleh Kepala bidang Politik Dalam Negeri dan Ormas, Ahmad Yusra menyebutkan bahwa kegiatan ini ditujukan bagi pemilih pemula yaitu siswa-siswi SMU yang sekarang duduk di bangku kelas IX dan rata-rata berusia 15-16 tahun, dan pada saat Pemilu dan Pemilukada serentak tahun 2024 nanti diperkirakan telah berusia 18-19 tahun.

Ahmad Yusra juga menyebutkan bahwa narasumber dalam acara tersebut diambil dari unsur yang kompeten dalam bidangnya seperti Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan, Saiful Bismi dan dari unsur Kesbangpol Aceh Selatan, Kamarsyah.

Lokasi pelaksanaan kegiatan pertama dilaksanakan di Labuhan Haji Raya bertempat di Cafe Banda Gadang pada Senin (12/7/2021) dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang pelajar yang berasal dari perwakilan SMU se-kecamatan Labuhan Haji Raya, dengan jumlah peserta pada masing-masing sekolah sebanyak 5 orang siswa.

Lokasi kedua dilaksanakan Kluet Raya pada Selasa (13/7/2021) bertempat di gedung pertemuan kecamatan Kuta Fajar dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang pelajar yang juga berasal dari perwakilan SMU se-kecamatan Kluet Raya dengan jumlah peserta npada masing-masing sekolah sebanyak lima orang.

Ketua panitia pelaksana sosialisasi Ahmad yusra, mengatakan bahwa acara sosialisasi ini sengaja lebih dini dilaksanakan dengan target utama agar para pelajar (pemilih pemula) lebih awal mengetahui tentang tujuan pemilu/Pilkada dan teknis cara mencoblos, serta dapat berpartisipasi dalam mengawasi pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan tanya jawab yang diikuti secara antusias oleh para calon pemilih pemula. Yusra mengatakan jika mungkinkan kebangpol akan terus secara berkesinambungan melaksanakan kegiatan sosialisasi ini pada kecamatan yang berbeda.

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini

Umum
USK Jalin Kerja Sama dengan KPK

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala menjalin kesepakatan kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam upaya...