Unduh Aplikasi

Kerusuhan di Lapas Lambaro, Enam Ruangan Terbakar

Kerusuhan di Lapas Lambaro, Enam Ruangan Terbakar
Petugas pemadam kebakaran sedang melakukan pendinginan

ACEH BESAR - Kerusuhanm di Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Lambaro, Kamis (4/1), membuat sejumlah ruangan di lapas tersebut hangus terbakar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Ridwan melalui petugas Penginputan data dan informasi (Pusdatin), Yudi menyebutkan ada sekitar enam ruangan di lapas tersebut yang terbakar, dan kebakaran ini terjadi berawal dari ruangan pos komandan, dugaan sementara kebakaran ini dipicu kerusuhan tersebut.

"Adapun beberapa ruangan yang terbakar meliputi, ruangan Binadik, ruangan Administrasi Kantib, ruangan Kasubdin Keamanan, Pustaka, ruangan pos komandan dan ruang KPLP," kata Yudi dalam laporannya.

Baca: Kerusuhan di Lapas Lambaro Dipicu Pemindahan Napi Narkoba

Pada saat kebakaran terjadi para petugas sipir jaga LP menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Kata Yudi, setelah mendapatkan informasi adanya kebakaran petugas piket jaga langsung bergerak dan mengerahkan sebanyak enam armada pemadam dan dibantu oleh armada pemadam Aceh Besar tiga unit.

Yudi, menyampaikan, saat armada pemadam sampai di lokasi pukul 12.10 WIB, mereka kemudian dibackup aparat kepolisian dan jajaran TNI dikarenakan penghuni lapas membuat kerusuhan serta melempar batu dari dalam ke luar sehingga petugas pemadam sedikit kesulitan memadamkan api di beberapa bagian ruangan depan yang terbakar.

"Setelah jajaran kepolisian dan jajaran TNI merelokasikan penghuni LP, petugas pemadam baru bisa melaksanakan pemadaman," ujarnya.

Sekira pukul 13.30 WIB, api berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kemudian penyebab kebakaran masih dalam proses penyidikan pihak kepolisian. Dan juga belum diketahui berapa kerugian yang dialami akibat insiden itu.

Diberitakan sebelumnya, bukan hanya ruangan yang terbakar, tetapi satu unit mobil penerangan Sabhara Polresta Banda Aceh terbakar dalam peristiwa kerusuhan di lapas tersebut.

Komentar

Loading...