Unduh Aplikasi

Kerja Panjang Usai Ledakan

Kerja Panjang Usai Ledakan
Ilusrasi: WSYM

TAK ada dalil agama apapun yang membenarkan aksi bunuh diri untuk mencederai orang lain. Hal itu adalah sebuah kekejian yang tak layak mendapatkan balasan kebaikan apapun.

Karena itu, sudah sepantasnya semua orang mengutuk aksi teror itu. Dan sudah sepantasnya pula kepolisian segara menemukan otak pelaku bom bunuh diri ini dan mengungkap motif peledakan seterang-terangnya.

Pemboman bunuh diri ini adalah tindakan kriminal yang sangat tinggi. Tindakan itu juga sangat mencederai rasa manusia dan kemanusiaan. Tindakan itu jelas dilakukan untuk menebar ketakutan. Lebih jauh lagi, aksi bom bunuh diri itu akan memecah belah masyarakat.

Kita perlu berkaca pada kejadian bom bunuh diri yang meledakkan sebuah tempat hiburan di Bali dan daerah di sekitarnya, pada akhir 2002. Usai ledakan itu, jumlah kunjungan wisata ke Bali turun drastis. Yang lebih parah lagi, warga muslim menjadi mendapatkan stigma negatif meski mereka menolak aksi tersebut.

Saat itu, orang-orang berjilbab dianggap sebagai bagian dari teroris. Mereka dianggap satu kelompok dengan pembom bunuh diri yang diidentikkan dengan Islam. Kondisi ini membuat masyarakat terbelah. Butuh waktu lama untuk menyembuhkan “luka” itu. 

Kejadian di Makassar juga butuh penanganan yang cepat dan tepat dari kepolisian. Pengungkapan kasus ini juga harus transparan sehingga tidak muncul kecurigaan bahwa aksi-aksi ini dipelihara oleh kelompok-kelompok tertentu. 

Kepolisian dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme juga harus meningkatkan fungsi intelijen, . Sehingga tidak ada alasan bagi siapapun menyeret-nyeret institusi militer untuk kembali masuk ke kehidupan sipil hanya karena ketidakmampuan institusi sipil itu mendeteksi potensi-potensi teror.

Yang harus diperhatikan juga adalah aspek pemulihan. Semua pihak harus bertanggung jawab untuk membantu membangun hidup dan berkehidupan dalam negara yang lebih baik. 

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...