Unduh Aplikasi

Kereta Api Cut Mutia Mulai Beroperasi

Kereta Api Cut Mutia Mulai Beroperasi
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH UTARA - Kementerian Perhubungan bersama dengan pihak PT. Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Cut Mutia di Kabupaten Aceh Utara, Kamis (3/11).

Manager Humas Divisi Regional Sumatera Utara PT. KAI, Joni Martinus kepada AJNN menuturkan KA Cut Mutia akan melayani rute sejauh 11,3 km yang menghubungkan bagian barat Aceh Utara yaitu Krueng Mane-Bungkaih-Krueng Geukeuh.

“Armada KA Cut Mutia jenis KRDI akan beroperasi 10 kali perjalanan dalam sehari dari Stasiun Bungkah, 8 kali perjalanan dari Stasiun Krueng Mane dan 8 kali perjalanan sehari dari Stasiun Krueng Geukueh denggan jarak tempuh sekitar 32 menit,” ujarnya.

Menurut Martinus, untuk sekali jalan, KA Cut Mutia mampu mengangkut 192 penumpang dengan harga tiket yang terjangkau seharga Rp 1.000,-.

“Semoga masyarakat dapat memanfaatkan jasa transportasi KA Cut Mutia untuk melaksanakan rutinitas sehari-hari, meski kita baru operasikan jalur rute Krueng Mane-Krueng Gekueh,” katanya.

Pihaknya menambahkan, jika pengoperasian KA Cut Mutia merupakan titik awal pengembangan sarana transportasi kereta api di Aceh.

“Tentu saja pengoperasian KA Cut Mutia sebagai momentum awal dalam rangka pengembangan sarana kereta api di Aceh, hingga nanti akan terus ditambah rutenya secara bertahap hingga ke Sumatera Utara” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, pengoperasian KA sudah pernah dilakukan pada tahun 2014 lalu, namun kemudian sempat terhenti, hingga mulai sekarang dioperasikan kembali.

Komentar

Loading...