Unduh Aplikasi

JURAGAN KELUAR MASUK RUTAN

Kepala Rutan Calang; Saya Pun Heran Kenapa Ini Bisa Terjadi

Kepala Rutan Calang; Saya Pun Heran Kenapa Ini Bisa Terjadi
Juragan saat diboyong kembali ke Rutan Calang. Foto: AJNN/Suar

ACEH JAYA - Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Calang, Katimin mengaku tidak tahu menahu terkait salah satu warga binaannya bebas berkeliaran di luar Rutan Calang, Aceh Jaya. Bahkan dia mengaku heran kenapa bisa terjadi penangkapan oleh pihak jaksa diluar Rutan, Selasa (20/8).

"Itula, gimana saya jelaskan ya, kemarin kita sama-sama merayakan 17 Agustus, setelah itu saya izin karena besoknya hari minggu, tiba-tiba hari ini sudah terjadi seperti itu," ujar Katimin saat ditanyai wartawan terkait penangkapan Juragan oleh Jaksa.

Baca: Jaksa Cegat Juragan yang Hendak Balik ke Rutan Calang

Katimin menambahkan jika pihaknya tidak pernah memberikan izin kepada Juragan untuk keluar dari Rutan Calang, Aceh Jaya. Namun dugaannya kenapa Juragan bisa keluar rutan karena dipikir cuma keluar sebentar di seputaran rutan.

"Kalau izin tidak ada, karena saya pun tidak ada di tempat, mungkin dikira petugas lapas jika Juragan hanya keluar bentar seputaran rutan," ungkap Katimin.

Bahkan lanjut Katimin, ia juga mengaku heran dan sering mendapat kabar jika Juragan tidak ada di rutan, namun ketika ia ada di rutan, Juragan selalu ada.

"Itu lah saya pun heran, asal kita keluar sudah ada yang telpon katanya Juragan tidak ada di rutan, tapi saat saya ada di rutan Juragan selalu ada kok," kilah Katimin kepada awak media.

Namun ia membenarkan jika selama ini ada napi tertentu yang bisa keluar masuk Rutan, jadi tidak ada perlakuan khusus terhadap Juragan, karena selain Juragan juga ada napi tertentu yang keluar masuk Rutan Calang.

"Ya bukan Juragan aja, kan napi-napi tertentu lain juga ada yang keluar masuk, ya namanya kebijaksaan kan macam-macam," pungkas Katimin.

Sementara itu, Kasipidsus Kejari Aceh Jaya, Yudhi Saputra mengatakan saat ini Juragan sudah dikembali ke Rutan Calang, namun kasus akan tetap dilanjutkan dengan memanggil saksi-saksi lain terkait Juragan bisa bebas keluar masuk rutan.

"Untuk saat ini Juragan sudah kita kembalikan ke Rutan, karena yang bersangkutan juga Napi disana, namun jika nanti kasus ini mengarah ke pidana umum akan diserahkan ke pihak Polres Aceh Jaya, tapi jika nantinya mengarah ke pidana kusus pihak Kejari Aceh Jaya sendiri yang akan melanjutkan kasus ini," ungkap Yudhi.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...