Unduh Aplikasi

Kepala PPID Aceh Sarankan LSM Bentuk PPID

Kepala PPID Aceh Sarankan LSM Bentuk PPID
BANDA ACEH – Kepala Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Aceh, Asriani menyarankan kepada lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang ada di Aceh untuk membentuk PPID sendiri.

"LSM harus memiliki PPID sendiri agar masyarakat mudah mendapatkan informasinya,”kata Kepala PPID Aceh, Asriani, usai menghadiri Workshop Open Data Pertambangan yang digelar oleh Gerakan Antikorupsi Aceh, Selasa (8/3).

Asriani menilai, sangat penting bagi LSM membentuk PPID masing-masing, sebab LSM juga salah satu badan publik dimana sudah seharusnya dapat memberikan informasi kepada publik. Dengan adanya pembentukan PPID maka kemudahan untuk mengakses informasi akan lebih cepat.

Menurutnya, LSM beserta badan publik swasta lainnya salah satu tempat publik dalam mencari informasi tergantung dari pada kebutuhan yang diminta. Maka hal ini penting untuk dilaksanakan, apa lagi LSM yang sudah dikenal banyak masyarakat Aceh.

"Seperti Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh, Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Masyarakat Transparansi Aceh ( MaTA), Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Aceh serta badan publiknya,”jelasnya.

Untuk saat ini, lanjut Asriani, dirinya belum mengetahui apakah LSM atau badan publik lainnya di Aceh sudah mempunyai PPID masing-masing atau belum.

"Jika belum ada, saya menyarankan agar segera membentuk PPID tersebut. PPID penting bagi setiap badan publik, agar data yang ada bisa tersimpan dengan baik dan prosesnya pun akan lebih mudah kedepan,”harapnya.

Komentar

Loading...