Unduh Aplikasi

Kepala DPKD Aceh Barat: Pelayanan Publik Terganggu Jika Penundaan DAU Terlalu Lama

Kepala DPKD Aceh Barat: Pelayanan Publik Terganggu Jika Penundaan DAU Terlalu Lama
Ilustrasi. Foto: Kontan.co,id

ACEH BARAT - Kepala Dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten Aceh Barat, Zulyadi mengatakan, penundaan transfer Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 35 persen dapat mempengaruhi pelayanan publik.

Dikatakannya, pengaruh tersebut akan sangat terasa jika penundaan yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan dalam waktu yang lama.

Kata Zulyadi, akan adanya pengaruh tersebut lantaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Barat saat ini menurun setelah terjadinya penyesuaian pagu DAU yang mencapai hingga Rp 67 miliar, dimana dari pagu awalnya Rp 593 miliar lebih saat ini menjadi menjadi Rp 525 miliar.

Dikatakannya selama ini penggunaan DAU lebih banyak diperuntukkan untuk kegiatan-kegiatan tupoksi pemerintahan, dan paling besar untuk belanja pegawai berupa gaji pegawai dan operasional perkantoran.

“Akibat dari penyesuaian tersebut selain terjadi penurunan DAU, juga terjadi pengurangan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 5 miliar serta Dana Insentif Daerah (DID) Rp 5 miliar dari Rp 35 miliar menjadi RP 30 miliar,” ungkapnya.

Disebutkannya, setelah dilakukan penyesuaian saat ini APBK Aceh Barat dari sebelumnya ditargetkan Rp 1,4 triliun kini terjadi penurunan hampir 200 miliar, sehingga APBK Kabupaten itu diperkirakan hanya Rp 1,2 triliun.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...