Unduh Aplikasi

Kepala BPKS Mutasi Kasatker dan Pejabat Setingkat Direktur

Kepala BPKS Mutasi Kasatker dan Pejabat Setingkat Direktur
Kepala BPKS Sayid Fadhil. Foto: Kanalaceh

SABANG - Kepala Badan Pengawas Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) memutasi, rotasi dan demosi (penurunan jabatan) sejumlah Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dan pejabat setingkat direktur. Keputusan tersebut menuai protes karena diduga melanggar aturan.

"Mutasi, Rotasi dan Demosi tidak dilakukan sesuai mekanisme lelang jabatan tapi dilakukan oleh kepala secara one man show," kata sumber ajnn yang enggan namannya diwartakan, Minggu (30/9).

Menurut sumber tersebut, mutasi pegawai BPKS harusnya diawali dengan rapat manajemen, dan melalui mekanisme konfirmasi pada atasan pegawai yang akan di mutasi. Hal ini agar pegawai yang menduduki jabatan tersebut merupakan orang-orang yang memiliki kapasitas mumpuni.

"Minimal mutasi diawali dengan rapat manajemen, tidak asal comot dan menempatkan. Tapi mutasi kali ini tidak diketahui wakil kepala dan para deputi," ujar sumber itu.

Selain itu kata sumber ajnn, perombakan satker tidak semestinya dilakukan sekarang, mengingat singkatnya masa efektif pekerjaan proyek yang sedang berjalan. Perombakan tersebut dikhawatirkan akan berpengaruh pada serapan anggaran.

"Tinggal 2,5 bulan ladi dan ini akan berpengaruh pada serapan anggaran akan menjadi rendah, belum lagi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang langsung dipegang Pengguna Anggaran (PA).

Sesuai surat keputusan Pengguna Anggaran (PA) Satker BPKS tentang pemberhentian dan pengangkatan personalia BPKS tahun 2018 tertanggal 26 September tersebut, Kepala BPKS Sayid Fadhil memberhentikan dan mengangkat 8 personalia satker BPKS. Adapun pegawai yang dimutasi sebanyak 41 orang pegawai.

Disaat yang sama Kepala BPKS turut mengeluarkan surat pengembalian Pegawai Negeri Sipil yang dipekerjakan di BPKS kepada Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional I Banda Aceh.

"Sehubungan dengan surat Permohonan Pegawai Negeri Sipil dipekerjakan pada BPKAS nomor 810/BPKS/62 1 Maret 2018 berdasarkan hasil evaluasi kinerja maka saudara Ir Zaldi yang diangkat dengan keputusan kepala BPKS nomor 19/BPKS/2018 tanggal 2 April 2018 telah berakhir masa tugasnya dan dikembalikan ke pada Balai Pelaksana Jalan Nasional I Banda Aceh," tulis Kepala BPKS Sayid Fadhil dalam surat tersebut.

Komentar

Loading...